PURWARUPA APLIKASI PERANGKAT BERGERAK UNTUK ALIHBAHASA KALIMAT BAHASA INGGRIS KE BAHASA BALI MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERBASIS ATURAN

  • Ngurah Agus Sanjaya ER Jurusan Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana
  • Agus Muliantara Jurusan Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Abstract

Bahasa Bali merupakan bahasa ibu untuk masyarakat bali. Kehadiran bahasa bali menjadi ciri khas bahasa pergaulan sehari-hari dilingkungan masyarakat. Seiring berjalannya era globalisasi, eksistensi bahasa bali mulai mengalami penyusutan. Untuk mengantisipasi hal ini diperlukan beberapa terobosan dan inovasi untuk tetap melestarikan bahasa bali ini. Salah satu usaha pelestarian bahasa Bali dapat dilakukan dengan mengalih bahasakan bahasa asing ke bahasa Bali sehingga eksistensi bahasa bali tetap terjaga bahkan orang asing pun dapat mengerti bahasa Bali.

Dalam penelitian ini dilakukan pengembangan aplikasi alih bahasa dari bahasa Inggris ke bahasa Bali dalam perangkat bergerak. Perangkat bergerak menjadi pilihan kebanyakan pengguna karena kelebihannya yang ringkas dan dapat dibawa kemana-mana. Aplikasi ini telah dikembangkan menggunakan perangkat Xcode dan pendekatan berbasis aturan.

Dari uji coba terhadap aplikasi yang telah dibangun didapatkan hasil dimana aplikasi alihbahasa teks dari bahasa Inggris ke bahasa Bali ini memiliki tingkat keberhasilan 73,33%.

Tingkat keberhasilan ini sangat dipengaruhi oleh kelengkapan basis data dari bahasa sumber (bahasa Inggris) ke bahasa target (bahasa Bali) dan juga aturan sintaks yang digunakan oleh sistem

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-04-04
How to Cite
SANJAYA ER, Ngurah Agus; MULIANTARA, Agus. PURWARUPA APLIKASI PERANGKAT BERGERAK UNTUK ALIHBAHASA KALIMAT BAHASA INGGRIS KE BAHASA BALI MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERBASIS ATURAN. Jurnal Ilmu Komputer, [S.l.], v. 7, n. 1, apr. 2014. ISSN 2622-321X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/view/18774>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

aplikasi alihbahasa; pendekatan berbasis aturan;Xcode