ORGANIZATIONAL CULTURE AND STRATEGIC COST REDUCTION

  • I PUTU SUDANA

Abstract

Organisasi bisnis dengan kultur yang kuat menunjukkan kinerja keuangan yang lebih baik dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya. Memperbaiki kinerja keuangan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan meningkatkan penjualan produk/jasa yang menguntungkan, dan mengurangi beban, yang berarti perbaikan efisiensi. Pengurangan kos strategis berarti secara strategis memperbaiki efisiensi. Perusahaan dituntut untuk fokus pada kepemimpinan kos dengan sasaran menjaga keunggulan kompetitif jangka panjang. Upaya perbaikan efisiensi merupakan satu cara yang dapat dipergunakan oleh perusahaan untuk mempertahankan dan meningkatkan keunggulan kompetitifnya. Pendekatan strategis atas manajemen kos dapat membantu perusahaan menyejukkan kesulitan ekonomis jangka pendek, dan menciptakan budaya efisiensi yang permanen. Budaya kos adalah jalur bagi sistem costing organisasi yang mempengaruhi caranya bereaksi terhadap dinamika dan tantangan. Premis utama tulisan ini adalah bahwa pengurangan kos akan bermanfaat hanya bila menguntungkan perusahaan dalam jangka panjang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

I PUTU SUDANA
Jurusan AkuntansiFakultas Ekonomi, Universitas Udayana
How to Cite
SUDANA, I PUTU. ORGANIZATIONAL CULTURE AND STRATEGIC COST REDUCTION. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, [S.l.], v. 3, n. 2, july 2008. ISSN 2303-1018. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jiab/article/view/2578>. Date accessed: 22 nov. 2024.
Section
Articles

Keywords

organizational culture, competitive advantage, cost culture, strategic cost reduction

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>