PENGARUH KONSELING OBAT DALAM HOME CARE TERHADAP KEPATUHAN PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DENGAN KOMPLIKASI HIPERTENSI

  • Suryani, N.M.
  • Wirasuta, I.M.A.G.
  • Susanti, N.M.P

Abstract

Diabetes melitus tipe 2 dengan komplikasi hipertensi merupakan penyakit degeneratif dengan pengobatan jangka panjang yang memerlukan pelayanan kefarmasian home care untuk meningkatkan kepatuhan pasien terhadap pengobatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan konseling obat dalam home care terhadap kepatuhan pasien dalam penggunaan obat.

Diperoleh 16 pasien (15,53%) DM tipe 2 dengan komplikasi hipertensi di unit rawat jalan RSUD Wangaya selama bulan November-Desember 2012 yang bersedia mengikuti home care. Pasien kemudian diberikan konseling obat melalui kunjungan home care selama 24 kali kunjungan. Evaluasi kepatuhan pasien terhadap pengobatan dilakukan dengan pengisian kuesioner sebelum menerima konseling (pretest) dan setelah menerima konseling (posttest). Hasil kuesioner dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dengan taraf kepercayaan 95%.

Sebelum dilakukan konseling skor rata-rata pasien adalah sebesar 3,48 + 0,16. Sedangkan setelah dilakukan pelaksanaan konseling dalam home care skor rata-rata pasien sebesar 3,98 + 0,58. Terjadi peningkatan skor kepatuhan pasien yaitu sebesar 0,5 + 0,15. Terdapat perbedaan yang bermakna antara kepatuhan pasien dalam penggunaan obat sebelum dan setelah pelaksanaan konseling dalam home care dengan nilai signifikansi 0,000 (p <0,05). Dengan demikian, pelaksanaan konseling dalam home care berpengaruh terhadap peningkatan  kepatuhan pasien dalam penggunaan obat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Suryani, N.M.
Mahasiswa Jurusan Farmasi - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Universitas Udayana
Wirasuta, I.M.A.G.
Jurusan Farmasi - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Universitas Udayana
Susanti, N.M.P
Jurusan Farmasi - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Universitas Udayana
How to Cite
N.M., Suryani,; I.M.A.G., Wirasuta,; N.M.P, Susanti,. PENGARUH KONSELING OBAT DALAM HOME CARE TERHADAP KEPATUHAN PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DENGAN KOMPLIKASI HIPERTENSI. Jurnal Farmasi Udayana, [S.l.], dec. 2013. ISSN 2622-4607. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jfu/article/view/7334>. Date accessed: 29 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

home care, konseling, kepatuhan penggunaan obat, diabetes melitus tipe 2, komplikasi hipertensi