TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PENGGUNAAN OBAT GENERIK DAN OBAT GENERIK BERMEREK (BRANDED GENERIC) PADA PASIEN RAWAT JALAN DI BADAN RUMAH SAKIT UMUM TABANAN

  • L.P.F. Larasanty,
  • I.N.K. Widjaja
  • N.K.W Prasminda
  • N.L.P.U Antari
  • N.L.P.D. Wulandari
  • R.A.D. Puspitasari
  • N.M.F Irmayanti
  • P.P. Andiani

Abstract

Perbedaan jumlah penggunaan obat generik dan obat generik bermerek salah satunya dapat disebabkan oleh adanya perbedaan kepuasan pasien. Kaptopril merupakan jenis obat antihipertensi lini pertama yang ada dipasaran dalam bentuk produk generik dan produk generik bermerek. Kaptopril digunakan secara luas dan digunakan dalam jangka waktu panjang oleh pasien hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien hipertensi di Badan Rumah Sakit Umum Tabanan terhadap penggunaan obat kaptopril generik dan obat kaptopril generik bermerek.

Kepuasan pasien diukur dengan menggunakan skor gap. Skor gap diperoleh dengan membandingkan antara harapan dan persepsi pasien terhadap penggunaan obat kaptopril generik dan kaptopri generik bermerek. Harapan dan persepsi pasien diukur menggunakan skala likert dalam kuisioner yang berisi pernyataan tentang core product, actual product dan augmented product. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji statistik parametrik menggunakan uji t berpasangan dengan taraf kepercayaan 95%.

Empat puluh sembilan orang responden ikut serta dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan harapan pasien yang tinggi baik pada penggunaan kaptopril generik maupun kaptopril generik bermerek. Tingkat kepuasan pasien hipertensi di Badan Rumah Sakit Umum Tabanan terhadap penggunaan obat kaptopril generik dan kaptopril generik bermerek termasuk dalam kategori sedang dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kepuasan pasien terhadap penggunaan kedua jenis obat tersebut (p > 0,05).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

L.P.F. Larasanty,
Jurusan Farmasi FMIPA Universitas Udayana
I.N.K. Widjaja
Jurusan Farmasi FMIPA Universitas Udayana
N.K.W Prasminda
Program Profesi Apoteker FMIPA Universitas Udayana
N.L.P.U Antari
Pendidikan Farmasi Universitas Mahasaraswati
N.L.P.D. Wulandari
Jurusan Farmasi FMIPA Universitas Udayana
R.A.D. Puspitasari
Jurusan Farmasi FMIPA Universitas Udayana
N.M.F Irmayanti
Jurusan Farmasi FMIPA Universitas Udayana
P.P. Andiani
Jurusan Farmasi FMIPA Universitas Udayana
How to Cite
LARASANTY,, L.P.F. et al. TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PENGGUNAAN OBAT GENERIK DAN OBAT GENERIK BERMEREK (BRANDED GENERIC) PADA PASIEN RAWAT JALAN DI BADAN RUMAH SAKIT UMUM TABANAN. Jurnal Farmasi Udayana, [S.l.], july 2016. ISSN 2622-4607. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jfu/article/view/22720>. Date accessed: 29 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Generik, Generik bermerk, Hipertensi, Kaptopril, Tingkat kepuasan