PENGARUH KOMBINASI ASAM OLEAT DAN MINYAK ATSIRI DAUN CENGKEH (Syzygium aromaticum L.) SEBAGAI PERMEATION ENHANCER TERHADAP KARAKTER FISIK DAN PELEPASAN KETOPROFEN DARI MATRIKS PATCH TRANSDERMAL

  • Setyawan, E.I.
  • Guna, I M.S.
  • Budiputra, D.K.

Abstract

Ketoprofen adalah obat antiinflamasi non-steroid yang dapat menimbulkan iritasi pada saluran gastrointestinal, sehingga diperlukan jalur pemberian alternatif yaitu dengan patch transdermal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi asam oleat dengan minyak atsiri daun cengkeh (Syzygium aromaticum L.) sebagai permeation enhancer terhadap karakter fisik dan pelepasan ketoprofen dari matriks patch.

Delapan formula yang diperoleh dari software Design Expert versi 7 menggunakan simplex lattice design dibuat dengan perbandingan asam oleat:minyak atsiri daun cengkeh sebesar 0,25:0,75; 1:0; 0,5:0,5; 0:1; 0:1; 1:0; 0,5:0,5 dan 0,75:0,25. Pengujian yang dilakukan meliputi pengujian karakter fisik (bobot, ketebalan, susut pengeringan, ketahanan lipatan) dan efisiensi disolusi. Data yang dihasilkan dianalisis secara statistik menggunakan ANOVA two-way dengan taraf kepercayaan 95%. Formula optimal ditentukan oleh software Design Expert versi 7. Penentuan profil dan fluks dianalisis menggunakan Solver.

Uji karakter fisik matriks patch memberikan hasil yang tidak berbeda secara signifikan antara kedelapan formula, sedangkan uji efisiensi disolusi memberikan hasil yang berbeda signifikan dengan nilai probalilitas sebesar (< 0,05). Formula optimal yang diperoleh yaitu komposisi asam oleat:minyak atsiri daun cengkeh sebesar 0,379:0,621 dengan nilai efisiensi disolusi sebesar 27,90% selama 300 menit. Berdasarkan nilai R2 dari masing-masing formula, mekanisme pelepasan ketoprofen dari matriks patch mengikuti kinetika Korsmeyer Peppas dengan fluks berkisar antara 0,42 mg/jam.cm2 hingga 0,60 mg/jam.cm2 dan mengikuti difusi non-Fickian, yakni laju difusi dan erosi polimer berjalan seimbang.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Setyawan, E.I.

Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana

Guna, I M.S.
Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana
Budiputra, D.K.
Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana
How to Cite
E.I., Setyawan,; I M.S., Guna,; D.K., Budiputra,. PENGARUH KOMBINASI ASAM OLEAT DAN MINYAK ATSIRI DAUN CENGKEH (Syzygium aromaticum L.) SEBAGAI PERMEATION ENHANCER TERHADAP KARAKTER FISIK DAN PELEPASAN KETOPROFEN DARI MATRIKS PATCH TRANSDERMAL. Jurnal Farmasi Udayana, [S.l.], dec. 2015. ISSN 2622-4607. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jfu/article/view/17025>. Date accessed: 03 july 2024.
Section
Articles

Keywords

ketoprofen, transdermal patch, permeation enhancer, asam oleat, cengkeh (Syzygium aromaticum L).