OPTIMASI FORMULA MATRIKS PATCH KETOPROFEN TRANSDERMAL MENGGUNAKAN KOMBINASI ASAM OLEAT DAN MINYAK ATSIRI BUNGA CEMPAKA PUTIH (Michelia alba) SEBAGAI PERMEATION ENHANCER

  • Setyawan, E.I
  • Pratama, P.Y.A
  • Budiputra, D.K.

Abstract

Ketoprofen merupakan obat antiinflamasi non-steroid. Obat golongan ini dapat menimbulkan efek samping pada saluran pencernaan, sehingga diperlukan alternatif lain pemberian ketoprofen yaitu dengan patch transdermal. Penelitian ini dilakukan dengan membuat 8 formula dengan perbandingan kombinasi asam oleat dan minyak atsiri bunga cempaka putih sebesar 1:0; 1:0; 0:1; 0:1; 0,5:0,5; 0,5:0,5; 0,75:0,25 dan 0,25:0,75. Pengujian karakter fisik matriks patch meliputi uji bobot, ketebalan, persentase susut pengeringan dan ketahanan lipatan. Data hasil uji karakter fisik dalam pemilihan formula optimal ditentukan oleh software Design Expert versi 7 menggunakan simplex lattice design. Uji T-test dari single simple test pada software OpenStat digunakan untuk mengkonfirmasi data dari formula optimal yang dihasilkan oleh simplex lattice design dengan data hasil observasi. Penentuan mekanisme dan kecepatan pelepasan (fluks) ketoprofen dianalisis menggunakan Solver. Dari hasil analisis, diketahui komposisi asam oleat dan minyak atsiri bunga cempaka putih (Michelia alba) dengan perbandingan 0,549:0,451 menghasilkan karakter fisik matriks patch yang optimal dari hasil prediksi simplex lattice design pada software Design Expert versi 7. Matriks patch formula optimal menghasilkan profil pelepasan ketoprofen dengan total ketoprofen terlepas sebanyak 0,81 mg pada menit ke-300 dan nilai disolusi efisiensi sebesar 18,96% selama 300 menit. Kecepatan pelepasan (fluks) ketoprofen sebesar 0,478 mg/jam.cm2 dengan mekanisme pelepasan ketoprofen mengikuti persamaan Korsmeyer Peppas dengan difusi Fickian, yaitu laju difusi lebih kecil dari relaksasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Setyawan, E.I
Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana
Pratama, P.Y.A
Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana
Budiputra, D.K.
Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana
How to Cite
E.I, Setyawan,; P.Y.A, Pratama,; D.K., Budiputra,. OPTIMASI FORMULA MATRIKS PATCH KETOPROFEN TRANSDERMAL MENGGUNAKAN KOMBINASI ASAM OLEAT DAN MINYAK ATSIRI BUNGA CEMPAKA PUTIH (Michelia alba) SEBAGAI PERMEATION ENHANCER. Jurnal Farmasi Udayana, [S.l.], dec. 2015. ISSN 2622-4607. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jfu/article/view/17110>. Date accessed: 03 july 2024.
Section
Articles

Keywords

Ketoprofen, asam oleat, minyak atsiri bunga cempaka putih (Michelia alba), matriks patch transdermal.