ANALISIS KUANTITATIF ASAM OLEAT DAN LINOLEAT VIRGIN COCONUT OIL (VCO) YANG DIBUAT DENGAN VARIASI RASIO SARI BUAH NANAS (Ananas comosus L.) DAN KRIM SANTAN KELAPA

  • Gunarsih, H. P.
  • Widjaja, I N. K.
  • Larasanty, L. P. F.

Abstract

Sari buah nanas (Ananas comosus) memiliki kandungan protease bromealin yang potensial digunakan dalam proses pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO). Asam oleat dan linoleat merupa


kan asam lemak tak jenuh yang terkandung dalam VCO, dimana senyawa ini mudah teroksidasi dan menyebabkan ketengikan minyak. Kadar asam oleat dan linoleat pada minyak menjadi salah satu faktor yang turut berpengaruh dalam kualitas suatu minyak. Penelitian ini bertujuan untuk menentapkan kadar asam oleat dan linoleat dari VCO yang dibuat dengan variasi rasio sari buah nanas : krim santan kelapa.

Pada penelitian ini dilakukan analisis pengaruh 3 variasi rasio sari buah nanas : krim santan kelapa (0,5:1) sebagai kelompok A; (1:1) sebagai kelompok B; dan (2:1) sebagai kelompok C terhadap kadar asam oleat dan linoleat dari VCO yang dihasilkan. Penetapan kadar asam oleat dan linoleat VCO dilakukan dengan metode Gas Chromatography (GC-FID) dengan kolom RTX-WAX, gas pembawa helium, dan detektor Flame Ionization Detector. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik one-way ANOVA.

Penetapan kadar asam oleat dan linoleat menunjukkan ketiga rasio uji berbeda secara signifikan (p<0,05). Kadar asam oleat dalam VCO kelompok A, B, dan C secara berurutan adalah 1,65%; 2,42%; dan 2,54%. Sedangkan kadar asam linoleat VCO kelompok A, B, dan C adalah sebesar 0,42%; 0,51%; dan 0,56%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Gunarsih, H. P.

Mahasiswa Jurusan Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana, Bukit Jimbaran

Widjaja, I N. K.
Jurusan Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana, Bukit Jimbaran
Larasanty, L. P. F.
Jurusan Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana, Bukit Jimbaran
How to Cite
H. P., Gunarsih,; I N. K., Widjaja,; L. P. F., Larasanty,. ANALISIS KUANTITATIF ASAM OLEAT DAN LINOLEAT VIRGIN COCONUT OIL (VCO) YANG DIBUAT DENGAN VARIASI RASIO SARI BUAH NANAS (Ananas comosus L.) DAN KRIM SANTAN KELAPA. Jurnal Farmasi Udayana, [S.l.], feb. 2015. ISSN 2622-4607. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jfu/article/view/12052>. Date accessed: 07 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Virgin Coconut Oil (VCO), Asam Oleat, Asam Linoleat, Kromatografi Gas