Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol Buah Lada Hitam (Piper nigrum L.) Terhadap Bakteri Propionibacterium acnes

  • Sari, D. R. A. P.
  • Yustiantara, P. S.
  • Paramita, N. L. P.V.
  • Wirasuta, I M.A.G.

Abstract

Buah lada hitam (Piper nigrum L.) telah terbukti memiliki aktivitas antibakteri terhadap bakteri gram positif yaitu Staphylococcus aureus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antibakteri dari ekstrak etanol buah lada hitam terhadap bakteri P. acnes.

Metode uji aktivitas antibakteri yang digunakan yaitu difusi cakram dengan variasi konsentrasi larutan ekstrak uji dari 1- 10.000 ppm yang diteteskan sebanyak 10 µl pada kertas cakram. Media uji yang digunakan adalah Mueller Hinton Agar yang telah berisi apusan bakteri P. acnes. Konsentrasi suspensi bakteri yang digunakan setara dengan 0,5 Mc Farland.  Media diinkubasi pada suhu 37oC selama 24 jam.

Hasil uji aktivitas antibakteri dari kelima variasi konsentrasi  larutan ekstrak uji menunjukkan bahwa ekstrak etanol buah lada hitam tidak mampu menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes. Hal ini dapat disebabkan oleh adanya perbedaan karakter struktur dinding sel bakteri P. acnes dengan bakteri S. aureus.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sari, D. R. A. P.

Mahasiswa Jurusan Farmasi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana

Yustiantara, P. S.
Jurusan Farmasi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana
Paramita, N. L. P.V.
Jurusan Farmasi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana
Wirasuta, I M.A.G.
Jurusan Farmasi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana
How to Cite
D. R. A. P., Sari, et al. Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol Buah Lada Hitam (Piper nigrum L.) Terhadap Bakteri Propionibacterium acnes. Jurnal Farmasi Udayana, [S.l.], feb. 2015. ISSN 2622-4607. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jfu/article/view/12051>. Date accessed: 28 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Piper nigrum, Propionibacterium acnes, antibakteri