PERBANDINGAN KUALITAS DNA DENGAN MENGGUNAKAN DUA METODE BOOM MODIFIKASI PADA ISOLAT Mycobacterium tuberculosisP10 DI BALI

  • Mirawati N.K.W.
  • Wirajana I.N.
  • Yowani S.C.

Abstract

Isolasi DNA bakteri merupakan salah satu metode penunjang yang dapat digunakan untuk mendeteksi bakteri penyebab infeksi. Metode yang umum digunakan dalam mengisolasi DNA Mycobacterium tuberculosis adalah metode Boom. Metode ini masih perlu mengalami modifikasi agar pelepasan DNA menjadi lebih optimal serta mengurangi inhibitor pada proses PCR. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan kualitas DNA yang dihasilkan dari masing-masing metode Boom modifikasi dalam mengisolasi DNA M. tuberculosis. Hasil isolasi ini nantinya akan diamplifikasi dengan teknik PCR sehingga bakteri dapat terdeteksi dengan cepat.Visualisasi produk PCR akan dianalisis dengan menggunakan 1,5 % gel agarosa. Dalam penelitian ini, dibandingkan 2 metode Boom yang telah dimodifikasi. Hasil yang diperoleh diketahui bahwa pita DNA produk PCR terlihat tebal pada masing-masing metode. Kemudian dilanjutkan analisis untuk mengetahui ketebalan pita yang dihasilkan dengan menghitung area pita. Hasil yang diperoleh diketahui bahwa metode Boom modifikasi yang dikerjakan di Laboratorium Biomolekular FK Unud lebih baik dibandingkan dengan metode Boom modifikasi yang dikerjakan oleh Traore.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mirawati N.K.W.
Mahasiswa Jurusan FarmasiFakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan AlamUniversitas Udayana
Wirajana I.N.

Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana

Kelompok Studi MDR & XDR-TB Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan AlamUniversitas Udayana

Yowani S.C.

Jurusan FarmasiFakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan AlamUniversitas Udayana

Kelompok Studi MDR & XDR-TB Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan AlamUniversitas Udayana

How to Cite
N.K.W., Mirawati; I.N., Wirajana; S.C., Yowani. PERBANDINGAN KUALITAS DNA DENGAN MENGGUNAKAN DUA METODE BOOM MODIFIKASI PADA ISOLAT Mycobacterium tuberculosisP10 DI BALI. Jurnal Farmasi Udayana, [S.l.], oct. 2014. ISSN 2622-4607. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jfu/article/view/10802>. Date accessed: 30 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Tuberkulosis, Isolasi DNA, Metode Boom, Kualitas DNA