PROSES AMPLIFIKASI DAERAH PROMOTER inhA PADAISOLAT P11Mycobacterium tuberculosis MULTIDRUG RESISTANCE DI BALI DENGAN TEKNIK POLYMERASE CHAIN REACTION

  • Asmara A. A. R.
  • Yustiantara P. S.
  • Yowani S.C.

Abstract

Saat ini, Multidrug resistance Mycobacterium tuberculosis (MDR-TB) menjadi salah satu masalah kesehatan di dunia. Resistensi terhadap isoniazid dapat dipengaruhi oleh mutasi pada daerah promoter inhA. Untuk memperoleh titik mutasi di daerah promoter inhA maka terlebih dahulu dilakukan amplifikasi fragmen DNA target. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui suhu annealing optimum primer yang dapat mengamplifikasi fragmen target daerah promoter inhA. Fragmen target diamplifikasi dengan teknik PCR menggunakan sepasang primer yaitu primer forward (mabA-inhA-promoter-FS) dengan urutan 5’ACATACCTGCTGCGCAAT3’ dan primer reverse (mabA-inhA-promoter-R) dengan urutan 5’CTCCGGTAACCAGGACTGAA3’. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sepasang primer yang digunakan pada suhu annealing 54º telah dapat mengamplifikasi fragmen 0,3 kb daerah promoter inhA.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Asmara A. A. R.
Mahasiswa Jurusan Farmasi-Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-Universitas Udayana
Yustiantara P. S.

Jurusan Farmasi-Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-Universitas Udayana

Kelompok Studi MDR& XDR-TB-Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-Universitas Udayana

Yowani S.C.

Jurusan Farmasi-Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-Universitas Udayana

Kelompok Studi MDR& XDR-TB-Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-Universitas Udayana

How to Cite
A. A. R., Asmara; P. S., Yustiantara; S.C., Yowani. PROSES AMPLIFIKASI DAERAH PROMOTER inhA PADAISOLAT P11Mycobacterium tuberculosis MULTIDRUG RESISTANCE DI BALI DENGAN TEKNIK POLYMERASE CHAIN REACTION. Jurnal Farmasi Udayana, [S.l.], oct. 2014. ISSN 2622-4607. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jfu/article/view/10800>. Date accessed: 30 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

MDR-TB, Daerah promoter inhA, Suhu annealing, PCR