Studi sistem kontrol suspensi dengan pemodelan delapan DOF untuk memperbaiki kinerja perilaku arah kendaraan
Abstract
Abstrak:
Eksperimen ini bertujuan untuk memperoleh respon body moving yang sangat rendah sehingga kenyamanan dan keamananpenumpang dapat terpenuhi, dengan mengatur konstanta damper dan level dudukan pegas secara kontiniu denganmenggunakan kontrol neuro fuzzy yang mengambil parameter input kecepatan kendaraan, sudut belok steer, getaran body ,sudut kemiringan body, anggukan body maka diharapkan damper ratio menjadi rendah (baik) untuk segala medan operasi dantimbul efek down-roll pada body kendaraan saat kendaraan belok. Metode eksperimen menggunakan simulasi dengan data-dataplant, baik untuk suspensi kontrol PID maupun yang sudah menggunakan kontrol fuzzy secara kontiniu.Validasi hasil kinerjaantara suspensi kontrol PID dan suspensi kontiniu kontrol fuzzy dianalisa dengan menggunakan diagram bode, Nichols, PoleZero dan Niquist Hasil menunjukan bahwa respon body moving dengan control fuzzy rolling guling tertinggi berkisar -2 sampai 2artinya respon yang sangat rendah, sedangkan respon body moving dengan PID tertinggi -3 sampai dengan 3 dan terendah -2sampai dengan 2. Kesimpulannya respon body moving menggunakan control fuzzy lebih baik dibandingkan denganmenggunakan PID. Oleh karena itu disarankan untuk menindak lanjuti eksperimen ini pada berbagai merk kendaraan dandiaplikasikan untuk memperoleh kenyaman dan keamanan penumpang.Kata kunci: Kontiniu kontrol fuzzy , Damping ratio , Up-roll , Down-roll , Simulasi Niquist
Abstract:
The objective of this experiment is to find out the lowest body moving response of four-wheel vehicles to meet passengerscomfort and safety. And this can be carried out by continuous regulation of damper and elevator using neuro fuzzy control. Theparameters used here are the speed input of the vehicle, steer turning angle, the body's vibration and slanting angle as well asbody's pitching. It is hoped that the damper ratio can be low (good) for any field and can arouse down-roll effect on the bodywhen the vehicle is turning. This experiment used simulation method with plant data for suspension using Proportional IntegralDifferential (PID) control and the one using continuous fuzzy control. The suspension performance from these two controls wasthen analyzed using Bode and Niquist diagrams. The result shows that the body moving response using the fuzzy control canreach –2 to 2, the highest and close to 0, the lowest, which means that the response is low. While the body moving responseusing PID control can reach –3 to 3, the highest and –2 to 2, the lowest. It can be concluded that the moving body responseusing fuzzy control is better than the one using PID control. It is suggested that further experiment using different brand namecar be conducted.Keywords: Continuous fuzzy control, Damping ratio, Up-roll, Down roll, Niquist simulation.
Downloads
Keywords
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.