Perancangan Rasio Sistem Transmisi Kendaraan Penggerak Roda Belakang Untuk Meningkatkan Kinerja Traksi

  • IGAK Suriadi
  • I Ketut Adi Atmika

Abstract

Abstrak:

Gaya traksi yang terjadi pada bidang kontak roda penggerak dan jalan dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranyaadalah: karakteristik torsi mesin, karakteristik kopling, rasio dan tingkat transmisi, rasio gardan, karakteristik propellershaft, diameter efektif roda, karakteristik kontak roda dan jalan. Dari sekian banyak parameter yang mempengaruhisalah satu yang sangat besar pengaruhnya adalah rasio dan tingkat transmisi atau disebut rasio sistem transmisi.Besarkecilnya traksi untuk setiap tingkat gigi serta kecepatan kendaraan yang mampu dicapai dapat dikendalikan denganmengatur atau merancang rasio dan jumlah tingkat kecepatan gigi transmisi, sehingga didapatkan kinerja traksi yangoptimum.Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengkaji kinerja traksi sistem transmisi kendaraan roda empatkondisi standar dengan penggerak roda belakang, memodifikasi/merancang sistem tersebut. Kemudian melakukananalisa kebutuhan gaya traksi yang diperlukan serta kemampuan traksi yang mampu dihasilkan sistem transmisistandar dan sistem transmisi hasil perancangan ketika melewati berbagai kondisi jalan.Metode penelitian yangdilakukan dimulai dengan pengujian/eksperimen, dimana pengujian dilakukan untuk menguji mesin kendaraanpenggerak roda belakang pada chassis dinamometer untuk mendapatkan data besarnya daya di poros penggerak, torsidan kecepatan yang mampu dihasilkan oleh kendaraan pada setiap interval kenaikan mesin pada tiap rasio gigitransmisi. Selanjutnya dari data-data yang terkumpul dilakukan modeling, simulasi, dan analisa dengan menggunakansistem transmisi standar, sistem transmisi hasil perancangan dengan progresi geometri bebas terhadap kebutuhantraksi pada kendaraan ketika melintasi kondisi jalan tertentu. Sistem tranmsisi hasil rancangan menghasilkan traksimaksimum sebesar 12000 N sedangkan sistem transmisi standar sebesar 10500 N, denganjarak antara kurva gigi yangberdekatan semakin dekat. Perancangan atau modifikasi ratio dengan 6 tingkat kecepatan menghasilkan kinerja traksiyang paling baik.Kata kunci: Gaya traksi, rasio gigi, jumlah tingkat kecepatan, progresi geometri bebas

Abstract:

Traction force that occurs in the contact area and the drive wheel is influenced by many factors such as: thecharacteristics of the engine torque, clutch characteristics, ratio and rate of transmission, axle ratio, and characteristicsof the propeller shaft, the effective diameter of the wheels, the wheels and the road contact characteristics. Of the manyparameters which affect one of the very big influence is the ratio and the level of transmission or the ratio transmissionsystem. The traction for any level of gear and vehicle speed that can be achieved can be controlled by designing ratiosand the number of levels of the transmission gear speed, so we get optimum traction performance. This study aims toexamine and assess the performance of traction transmission system of vehicles with the standard conditions ofrearwheel drive, modify/designing the system. Then do a needs analysis and the traction force necessary tractioncapabilities are able to produce a standard transmission systems and transmission system design results when passingthrough various road conditions. Research methodology begins with experimentation, where testing is done to test theengine rearwheel drive vehicle on the chassis dynamometer to obtain the magnitude of the driving shaft power, torqueand speed that can be produced by the vehicle at each interval increment on each engine transmission gearratios.Furthermore, from the data collected do modeling, simulation, and analysis using a standard transmissionsystem, transmission system design results in geometric progression independent of the need for traction on a vehiclewhen passing certain road conditions. Tranmsisi system design results generate maximum traction at 12000 N while thestandard transmission system amounted to 10500 N, with the distance between adjacent tooth curves getting closer.The design or modification ratio with 6 levels of speed to produce the most good traction performance.Keywords: Traction, gear ratio, amount level stage, rolling resistance

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

IGAK Suriadi
Jurusan Teknik Mesin Universitas Udayana, Kampus Bukit Jimbaran Bali
I Ketut Adi Atmika
Jurusan Teknik Mesin Universitas Udayana, Kampus Bukit Jimbaran Bali
How to Cite
SURIADI, IGAK; ATMIKA, I Ketut Adi. Perancangan Rasio Sistem Transmisi Kendaraan Penggerak Roda Belakang Untuk Meningkatkan Kinerja Traksi. Jurnal Energi Dan Manufaktur, [S.l.], v. 9, n. 1, dec. 2016. ISSN 2541-5328. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jem/article/view/25526>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles

Keywords

Traction, gear ratio, amount level stage, rolling resistance