Karakteristik Traksi dan Kinerja Transmisi pada Sistem Gear Transmission dan Gearless Transmission

  • A.A.I.A. Sri Komaladewi
  • I Ketut Adi Atmika

Abstract

Abstrak : Sistem transmisi adalah salah satu komponen penting pada sistem drive train, yang fungsiutamanya adalah mentramsmisikan atau mentransformasikan torsi yang keluar dari mesin sampaike torsi yang terjadi pada roda penggerak. Ratio transmisi berpengaruh terhadap besarnya torsiyang dapat ditransmisikan, sedangkan jumlah tingkat kecepatannya berpengaruh terhadapkehalusan (smoothness) proses transmisi dan transformasi daya pada sistem transmisi tersebut.Karakteristik traksi dan kinerja transmisi kendaraan yang diuji adalah Toyota Kijang Inova tahun2012, Pemodelan kinerja traksi dilakukan dengan metode simulasi. Karakteristik traksi dari sistemtransmisi kendaraan dianalisa paada beberapa tingkat kecepatan untuk mengatasi berbagaihambatan sepanjang kondisi operasi kendaraan. Perhitungan awal dari ratio gigi antara yangtertinggi dan terendah dapat dicari dengan menggunakan hukum Progresi Geometri. Ratio dariroda gigi akhir (terendah) ditentukan oleh kecepatan maksimum kendaraan yang akan dirancang.Sedangkan traksi maksimum atau tanjakan maksimum menentukan besar ratio roda gigi awal(tertinggi). Kemudian ratio diantara kedua batas tersebut dibuat sedemikian rupa agar traksi yangdihasilkan kendaraan dapat mendekati karakteristik idealnya. Modifikasi ratio gigi transmisi daristandarnya mendapatkan kebutuhan traksi yang lebih kecil untuk kecepatan yang sama, baikpemasangan 4 tingkat, 5 tingkat, maupun 6 tingkat kecepatan. Jarak kurva traksi antara dua ratiogigi menunjukkan besarnya traksi yang tidak terpakai. Dari grafik kinerja transmisi menunjukkansemakin banyak tingkat transmisi, semakin kecil traksi yang terbuang.Karakteristik traksi mendekatikarakteristik idealnya pada gearless transmission system dengan 10 stages.Kata kunci: drive train, rasio transmisi, kinerja traksi, progresi geometri, gearless transmission

Abstract : The transmission system is one of the important components in the drive train system, whose mainfunction is to transmit or to transform out of the engine torque to the torque that occurs at the drivewheels. Transmission ratio affects the amount of torque that can be transmitted, while the numberof speed levels affect the fineness (smoothness) transmission process and the transformation ofpower in the transmission system. Traction characteristics and transmission performance vehiclesare tested on Toyota Kijang Inova 2012. Modeling traction performance is realized with simulationmethods. Traction characteristics of the vehicle transmission system is analyzed at several levels ofspeed to overcome various obstacles along the vehicle operating conditions. Preliminarycalculations of the gear ratio between the highest and lowest can be found using GeometryProgression law. Ratio of last gear (the lowest) is determined by the maximum speed of the vehicleto be designed. While the maximum traction or maximum incline determine the initial gear ratio (thehighest). Then the ratio between the two limits is made such that the resulting traction vehicle canapproach the ideal characteristics. Modification of the transmission gear ratio from the standardcondition yield traction needs which is smaller in the same speed, whether the installation of 4levels, 5 levels, more even at 6 levels of speed.The distance of traction curve between 2 of gearratio indicates the amount of unused traction. From the graph of transmission performance indicatethat the more the level of transmission, the less traction is wasted. Traction characteristicsapproaching the its ideal characteristics at gearless transmission system with 10 levels.Keywords: drive train, transmission ratio, traction performance, geometric progression, gearlesstransmission

Author Biographies

A.A.I.A. Sri Komaladewi
Jurusan Teknik Mesin, Universitas UdayanaKampus Bukit, Jimbaran-Bali
I Ketut Adi Atmika
Jurusan Teknik Mesin, Universitas UdayanaKampus Bukit, Jimbaran-Bali
How to Cite
KOMALADEWI, A.A.I.A. Sri; ATMIKA, I Ketut Adi. Karakteristik Traksi dan Kinerja Transmisi pada Sistem Gear Transmission dan Gearless Transmission. Jurnal Energi Dan Manufaktur, [S.l.], v. 7, n. 1, july 2015. ISSN 2541-5328. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jem/article/view/14165>. Date accessed: 24 may 2019.
Section
Articles

Keywords

drive train, rasio transmisi, kinerja traksi, progresi geometri, gearless transmission