DAMPAK KETIDAKSESUAIN ERGOMONI SARANA KURSI KAYU PADA KENYAMANAN PENDIDIK : FIELD STUDY AMM YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Ketidaksesuaian ergonomi sarana kursi kayu berdampak pada kurangnya kenyamanan guru saat proses pembelajaran. Selain itu juga ketidaksesuaian ergonomi akan berdampak pada kesehatan para pendidik dalam jangka waktu panjang. Hadirnya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak ketidaksesuaian ergonomi kursi kayu pada kenyamanan pendidik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-eksploratif yang mana data diperoleh sesuai dengan fenomena yang terjadi dilapangan (natural setting). Model penelitian ini adalah studi kasus berlokasi di unit TKA-TPA AMM Kotagede Yogyakarta, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengambilan sampel menggunakan puposive sampling yang terdiri dari direktur serta tenaga pendidik dan kependidikan. Data akan di analisis dengan melalui tahapan transcript, coding, grouping, comparing dan contrasting. Validitas data akan dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil menunjukkan bahwasannya 3 dari 8 tenaga pendidik menyatakan sarana kursi kayu yang digunakan tidak menjadi kendala saat proses pembelajaran berlangsung, hal ini dapat ditinjau dari faktor postur tubuh mereka yang kecil sehingga dapat menyesuaikan dengan fasilitas yang ada. 5 tenaga pendidik lainnya merasa tidak nyaman pada posisi duduk mereka dengan menggunakan kursi kayu yang menyesuaikan dengan santri karena mereka memiliki postur tubuh yang tinggi sehingga posisi duduk membungkuk dan kaki selalu menekuk, hal ini akan berdampak pada kesehatan mereka dalam jangka waktu yang panjang. Kontribusi yang diberikan adalah unit TKA-TPA AMM menyediakan 2 kursi kayu dan 1 meja guru untuk tenaga pendidik, pada saat privat ngaji santri dipangil kedepan satu per satu dan duduk didepan guru dengan menggunakan kursi yang sama besarnya dengan kursi guru.
Downloads
References
Ahmadi, R. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Ar-Ruzz Media.
Aliwar. (2016). Penguatan Model Pembelajaran Baca Tulis Quran dan Manajemen Pengelolaan Organisasi (TPA). Jurnal Ta’dib, 9(1), 21–37.
Andriani, M., dan Subhan. (2016). Perancangan peralatan secara ergonomi untuk meminimalkan kelelahan di pabrik kerupuk. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi 2016 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta, November, 1–10. jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek%0Ap-ISSN
Anggraeni, L. K. (2017). Kajian Penerapan Ergonomi dalam Perancangan Bangunan Sekolah Dasar, Studi Kasus SDN Bubutan IV Surabaya. Jurnal Desain Interior, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.12962/j12345678.v2i1.2378
Aryadi, V. F., dan Susilowati, I. H. (2021). Kajian Ergonomi Sarana Pendukung Proses Belajar Terhadap Keluhan Gotrak Mahasiswa Institusi Pendidikan X. PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(2), 742–748. https://doi.org/10.31004/prepotif.v5i2.1928
Ayu Binomi, A., dan Istri Dharmayanti, C. (2021). Meja Dan Kursi Belajar Ergonomis Mengurangi Keluhan Muskuloskeletal Siswa SMP Tunas Daud Di Denpasar. Jurnal Ergonomi Indonesia (The Indonesian Journal of Ergonomic), 7(2), 129–134. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/JEI.2021.v07.i02.p05.
Babur Mustafa, P., dan C Alexander, D. (1991). Industrial ergonomics : case studies. McGraw-Hill.
Desmyati, D., Irawan, R., Astiarani, Y., dan Heidy, H. (2021). Kesesuaian Ergonomi Meja Belajar Dengan Data Antropometri Siswa Di Sekolah Dasar Jakarta Utara. Jurnal Kesehatan Masyarakat Dan Lingkungan Hidup, 6(1), 10–22. https://doi.org/10.51544/jkmlh.v6i1.1682
Dwi Arta Saputra, I. K., Purnawati, S., Bagus Alit Swamardika, I., Made Indah Sri Handari Adiputra, L., Ngurah Priambadi, I. G., dan Krisna Dinata, I. M. (2020). Kursi Lantai dan Penataan Layout Meningkatkan Work Engagement dan Produktivitas Pekerja Pembuatan Atap Alang-Alang. Jurnal Ergonomi Indonesia (The Indonesian Journal of Ergonomic), 6(1), 1–78. https://www.mendeley.com/catalogue/fdd61f29-e548-30b4-9a02-3d11c3c9b4aa/%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-849873-6.00001-7%0Ahttp://saber.ucv.ve/ojs/index.php/rev_venes/article/view/1112%0Ahttps://www.bps.go.id/dynamictable/2018/05/18/1337/persentase
Endra Budi Setyawan, F. (2011). Penerapan Ergomoni Dalam Konsep Kesehatan. Saintika Medika : Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Kedokteran Keluarga, 7(14), 39–50. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/sm.v7i1.1085
Fatmawati, E. (2014). Kenyamanan Tempat Kerja Pustakawan : Perspektif Ergonomi. Pustakaloka, 6(1), 105–118. http://files/419/Fatmawati - 2014 - KENYAMANAN TEMPAT KERJA PUSTAKAWAN PERSPEKTIF ERG.pdf
Hasimjaya, J., Wibowo, M., dan Wondo, D. (2017). Kajian Antropometri & Ergonomi Desain Mebel Pendidikan Anak Usia Dini 3-4 Tahun di Siwalankerto. Jurnal Intra, 5(2), 449–459. https://doi.org/10.9744/interior.15.1.45-55
Jessica Gloria Sigar, A., F. Suoth, L., dan A.M. Rattu, J. (2019). Hubungan Antara Posisi Kerja Duduk Dan Indeks Masa Tubuh Dengan Keluhan Musuloskeletal Pada Karyawan Di Bank Sulutgo Cabang Utama Manado. Jurnal Kesmas, 8(7), 380–387.
Muhammad Ramadan, I., dan Bayu Laksmono, T. (2012). Determinant of Musculosceletal Disorders Complaint on Female Workers. Kesmas (Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional), 7(4), 169–172.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org
Rahayu, S. H., Haroen, H., Budiutomo, T., Khasanah, N., dan Nuryati, N. (2020). Manajemen Mutu Layanan Ta’lim Quran lil Aulad (TQA) di Yayasan Team Tadarus “AMM” Yogyakarta. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 5(2), 117–130. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v5i2.578
Soetisna, H. R., Rahmasari, W., dan Yamin, P. A. R. (2018). Evaluasi Ergonomi dan Perancangan Fasilitas pada Institut Teknologi Bandung. Jurnal Ergonomi Dan K3, 3(1), 26–33. https://doi.org/10.5614/j.ergo.2018.3.1.5
Sri Prahastuti, B., Asniati Djaali, N., dan Usman, S. (2021). Faktor Risiko Gejala Muskuloskeletal Disorder (MSDs) pada Pekerja Buruh Pasar. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 13(1), 47–54. https://doi.org/10.37012/jik.v13i1.516
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Ulfah, T. T., Assingkily, M. S., dan Kamala, I. (2019). Implementasi Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 59-. https://doi.org/10.30659/jpai.2.2.44-54
Velasco. (2002). Value Engineering as An Ergonomics Tool to Measure Benefits of Ergonomic Interventions. Jurnal Ergonomi Indonesia (The Indonesian Journal of Ergonomics), 3(2), 55–58.
Wayan Mustika, P., dan Sutajaya, I. M. (2016). Ergonomi Dalam Pembelajaran Menunjang Profesionalisme Guru di Era Global. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 803–817.
Wijaya, A., Anna Haulian Siboro, B., dan Purbasari, A. (2016). Elektronika the Comparative Analysis of Anthropometry Between Student of Shape Vessel Shipyard Workers and Students of Workers Electronic. Profisiensi, 4(2), 108–117.
Wilson Taifa, I., dan A. Desai, D. (2016). Anthropometric measurements for ergonomic design of students’ furniture in India. Engineering Science and Technology, an International Journal, 20(1), 232–239. https://doi.org/10.1016/j.jestch.2016.08.004
Zein, R. (2020). Olah Data Kualitatif in Handout Metodologi Penelitian. https://elearning.ncie.or.id/