PERBANDINGAN METODE UJI GULA PEREDUKSI DALAM PENENTUAN AKTIVITAS ?-L-ARABINOFURANOSIDASE DENGAN SUBSTRAT JANUR KELAPA (COCOS NUCIFERA)

  • Y. H. Pratiwi
  • O. Ratnayani Progam Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana
  • I N. Wirajana Progam Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Abstract

Pengujian  gula pereduksi umumnya dilakukan dengan reagen asam 2,3-dinitrosalisilat (DNS) dan Nelson-Somogyi (NS) dalam penentuan aktivitas enzim pendegradasi polisakarida. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan metode uji gula pereduksi DNS dan NS dalam penentuan aktivitas ?-L-Arabinofuranosidase (AbfA) termostabil, dengan substrat janur kelapa (Cocos nucifera). Enzim AbfA diperoleh dari Saccharomyces cerevisiae rekombinan yang dikultivasi selama 3 hari pada suhu inkubasi 30 °C.  Penentuan aktivitas enzim AbfA dilakukan pada kondisi pH 6, suhu 70 °C dan waktu inkubasi 15 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penentuan aktivitas enzim AbfA dengan metode NS lebih teliti atau memiliki standar deviasi yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan metode DNS, namun kurva kalibrasi larutan standar metode DNS lebih linear dibandingkan  metode NS.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-30
How to Cite
PRATIWI, Y. H.; RATNAYANI, O.; WIRAJANA, I N.. PERBANDINGAN METODE UJI GULA PEREDUKSI DALAM PENENTUAN AKTIVITAS ?-L-ARABINOFURANOSIDASE DENGAN SUBSTRAT JANUR KELAPA (COCOS NUCIFERA). Jurnal Kimia (Journal of Chemistry), [S.l.], p. 134-139, july 2018. ISSN 2599-2740. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jchem/article/view/41174>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JCHEM.2018.v12.i02.p07.
Section
Articles