EFEKTIVITAS IKLAN MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK DAN INSTAGRAM SEBAGAI SALAH SATU STRATEGI PEMASARAN DI KRISNA OLEH-OLEH KHAS BALI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas iklan melalui media sosial yakni facebook dan instagram sebagai salah satu strategi pemasaran di Krisna Oleh-Oleh Khas Bali. Efektivitas iklan ini diukur berdasarkan dampak iklan dan komunikasi dari satu iklan dengan menggunakan teknik model EPIC, yang pada akhirnya akan mempengaruhi konsumen dalam memilih suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas iklan yang ditinjau dari empat dimensi EPIC yakni Dimensi Empathy, Persuasion, Impact dan Communication dan juga untuk mengetahui sumber dari media apa yang paling banyak diketahui oleh pembeli tentang informasi mengenai produk Krisna Oleh-Oleh Khas Bali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yakni dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, studi kepustakaan dan menggunakan kuesioner dengan mengambil sebanyak 100 responden pembeli yang membeli dan berkunjung ke Krisna Oleh-Oleh Khas Bali. Hasil dari penelitian ini menunjukan iklan Krisna Oleh-Oleh Khas Bali pada media social facebook dan instagram menunjukan iklan tersebut efektif digunakan sebagai media promosi . Hal ini ditunjukan dari nilai EPIC Rate sebesar 3,87.