FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN WISATAWAN DALAM MENGGUNAKAN TRANSPORTASI BERBASIS APLIKASI ONLINE DI PT. UBER INDONESIA

  • Yohanes Sunu Dwi Aldrianto PS. S1 Industri Perjalanan Wisata, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana
  • I Nyoman Sudiarta PS. S1 Industri Perjalanan Wisata, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana
  • Ni Made Oka Karini PS. S1 Industri Perjalanan Wisata, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana

Abstract

Saat ini internet berkontribusi penting untuk pengembangan pariwisata. Internet berpotensi sebagai penyedia informasi dan pemesanan fasilitas. Selain itu, internet juga menjadi alat komunikasi antara pemasok pariwisata, perantara, serta konsumen akhir yaitu wisatawan. Uber adalah salah satu aplikasi transportasi yang saat ini digunakan oleh wisatawan untuk mengambil keuntungan dari biaya rendah yang di tawarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan faktor- faktor yang mempengaruhi dan faktor dominan yang mempengaruhi keputusan wisatawan untuk menggunakan transportasi berbasis aplikasi Uber.


Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan kueisioner, wawancara, studi kepustakaan dan teknik dokumentasi. Penelitian ini di berikan dengan teknik purposive sampling kepada 110 responden melalui kueisioner kepada wisatawan yang sudah pernah menggunakan aplikasi Uber. Dalam penelitian ini digunakan enam faktor yang terdiri dari tujuh belas indicator. Hasil dari analisis faktor maka faktor yang dinuatakan teridentifikasi mempengaruhi keputusan wisatawan diintepretasikan sebagai faktor eksternal, situasional, internal, kepercayaan, psikologis. Faktor yang paling dominan berpengaruh adalah eksternal dengan nilai eigenvalue 4862 terdiri dari persepsi, produk, waktu, berbelanja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-29
How to Cite
DWI ALDRIANTO, Yohanes Sunu; SUDIARTA, I Nyoman; OKA KARINI, Ni Made. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN WISATAWAN DALAM MENGGUNAKAN TRANSPORTASI BERBASIS APLIKASI ONLINE DI PT. UBER INDONESIA. Jurnal Analisis Pariwisata, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 53-68, dec. 2017. ISSN 1410-3729. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jap/article/view/36482>. Date accessed: 19 apr. 2024.