SISTEM INFORMASI OPERASIONAL INFLIGHT CATERING SERVICE DALAM UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PERUSAHAAN DAN MUTU PELAYANAN TERHADAP AIRLINE

  • Komang Adi Gustana
  • Ni Nyoman Asriani
  • Agus Gede Adipartha Wibawa

Abstract

Sistem informasi sudah menjadi bagian yang sangat signifikan dalam perkembangan teknologi saat ini. Perkembangan teknologi informasi dipengaruhi oleh tingginya kebutuhan akan teknologi dan sistem informasi yang akurat, efektif dan efisien. Suatu oganisasi menggantungkan diri pada sistem informasi untuk mempertahankan kemampuan berkompetisi dalam segala bidang Produktivitas sebagai suatu hal yang sangat penting dalam suatu perusahaan, dapat ditingkatkan melalui sistem informasi yang lebih baik. Salah satu perusahaan yang menggantungkan kegiatan operasionalnya pada suatu sistem informasi adalah perusahaan jasaboga pesawat udara atau inflight catering service. Perusahaan inflight catering service ini melibatkan suatu sistem yang efektif dan efisien mengelola dan menangani kegiatan operasional berupa Sistem Informasi Operasioanal Inflight Catering Service Berbasis Web, sehingga dapat dihasilkan pelaporan yang akurat dan peningkatan mutu terhadap customer. Data yang digunakan dalam pembuatan Sistem Informasi Inflight Catering Service adalah data sekunder yaitu bersumber dari data yang telah ada di PT. Jasapura Angkasa Boga baik berupa laporan-laporan serta Standart Operating Prosedure (SOP) yang akan dipergunakan sebagai referensi. Pengujian Sistem Informasi ini bukanlah suatu proses yang mudah dilakukan, karena banyak hal yang mempengaruhi proses pengujian tersebut. Hasil pengujian sistem tidak hanya ditentukan oleh kebenaran metode dan kebenaran dalam proses pembuatan program, tetapi juga menyangkut masalah non teknis. Pada umumnya justru masalah non teknis inilah yang sulit untuk ditanggulangi, karena kemunculan dan terjadinya relatif sulit diketahui. Berdasarkan hasil analisa, adapun penyebab non teknis yang dapat mengurangi kinerja sistem informasi adalah padatnya koneksi internet, terhambatnya jaringan koneksi karena gangguan alam. Pengujian dari sistem informasi ini melibatkan beberapa parameter seperti ketepatan informasi yang dihasilkan, kecepatan akses informasi, kemudahan pemakaian sistem informasi.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
ADI GUSTANA, Komang; ASRIANI, Ni Nyoman; ADIPARTHA WIBAWA, Agus Gede. SISTEM INFORMASI OPERASIONAL INFLIGHT CATERING SERVICE DALAM UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PERUSAHAAN DAN MUTU PELAYANAN TERHADAP AIRLINE. IPTEKMA, [S.l.], nov. 2012. ISSN 2086-1354. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/iptekma/article/view/3258>. Date accessed: 28 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Sistem Informasi, Operasioanal Inflight Catering, Basis Web, Produktivitas, Mutu Pelayanan.