STRATEGI #METOO MOVEMENT DALAM MEMOBILISASI SUMBER DAYA UNTUK MENENTANG PELECEHAN SEKSUAL TERHADAP PEREMPUAN DI AMERIKA SERIKAT TAHUN 2017-2021

  • Putu Jianing Chiandewi -
  • I Made Anom Wiranata
  • Anak Agung Ayu Intan Parameswari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan strategi dari organisasi gerakan sosial yakni #MeToo Movement mendorong pemerintah Amerika Serikat untuk memberikan kebijakan yang mendukung para penyintas pelecehan seksual menggunakan metode kualitatif. Permasalahan pelecehan seksual menjadi isu kompleks yang masif terjadi di Amerika Serikat. Sebagai sebuah komunitas yang dipimpin oleh kaum perempuan, #MeToo Movement berperan penting untuk memberantas isu pelecehan seksual yang sebagian besar korbannya adalah perempuan dan kurang mendapat perlindungan hukum dari pemerintah. Oleh karenanya, Peneliti menggunakan kerangka konseptual teori mobilisasi sumber daya dan teori agenda setting dalam mendorong pemerintah untuk menghasilkan kebijakan yang menangani pelecehan seksual dan melindungi hak-hak perempuan. Penelitian ini kemudian dapat melihat strategi mobilisasi sumber daya, pembingkaian media, dan penetapan agenda dan menghasilkan transformasi munculnya isu pelecehan seksual ke ranah publik. Strategi ini memperoleh perhatian pemerintah untuk menghasilkan undang-undang yang secara khusus menangani pelecehan seksual yang belum pernah ada sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-02
How to Cite
CHIANDEWI, Putu Jianing; WIRANATA, I Made Anom; INTAN PARAMESWARI, Anak Agung Ayu. STRATEGI #METOO MOVEMENT DALAM MEMOBILISASI SUMBER DAYA UNTUK MENENTANG PELECEHAN SEKSUAL TERHADAP PEREMPUAN DI AMERIKA SERIKAT TAHUN 2017-2021. DIKSHI (DISKUSI ILMIAH KOMUNITAS HUBUNGAN INTERNASIONAL), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 206-220, jan. 2023. ISSN 2828-1853. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/hi/article/view/86834>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>