Analisis Perubahan Kebijakan Luar Negeri Turki Terhadap Tiongkok pada Masa Pemerintahan Adalet Ve Kalkinma Partisi (AKP) Tahun 2002-2013

  • Dewa Ayu Tania Taradewi
  • I Made Anom Wiranata
  • A.A. Ayu Intan Parameswari

Abstract

ABSTRAK

Tulisan ini membahas mengenai politik luar negeri Turki terhadap Tiongkok dimasa pemerintahan Justice and Development Party atau Adalet Ve Kalkinma Partisi (AKP). Hal ini sangat menarik  mengingat Turki merupakan negara yang memiliki ideologi yang membuatnya memiliki orientasi politik luar negeri  yang memiliki kecondongan untuk menjalin hubungan yang lebih dengan negara di Dunia Barat, namun pasca kemenangan AKP Turki menjalani politik luar negeri yang mempererat hubungannya dengan negara-negara di Dunia Timur yang salah satunya adalah Tiongkok. Dalam skripsi ini penulis meneliti faktor-faktor yang membuat Turki menjalankan politik luar negeri yang mempererat hubungan dengan Tiongkok pada masa pemerintahan AKP. Lokus waktu yang digunakan adalah tahun 2002-2013. Tahun 2002 merupakan tahun kemenangan AKP pada pemilu Turki. Dengan metodelogi kualitatif peneliti menemukan bahwa politik luar negeri Turki terhadap Tiongkok dipengaruhi oleh pergeseran identitas dari Kemalis menuju Neo-ottoman era AKP serta faktor yang muncul akibat adanya redefinisi identitas dan kepentingan nasional Turki pada masa pemerintahan AKP.  Keadaan demikian membuat adanya pergeseran orientasi politik luar negeri Turki ke Tiongkok pada masa AKP.

Kata Kunci        : Politik luar negeri Turki, Identitas, Adalet Ve Kalkinma Partisi (AKP)

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-04-20
How to Cite
TANIA TARADEWI, Dewa Ayu; WIRANATA, I Made Anom; PARAMESWARI, A.A. Ayu Intan. Analisis Perubahan Kebijakan Luar Negeri Turki Terhadap Tiongkok pada Masa Pemerintahan Adalet Ve Kalkinma Partisi (AKP) Tahun 2002-2013. DIKSHI (DISKUSI ILMIAH KOMUNITAS HUBUNGAN INTERNASIONAL), [S.l.], v. 1, n. 03, apr. 2015. ISSN 2828-1853. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/hi/article/view/12800>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>