KEPENTINGAN KEAMANAN NASIONAL AUSTRALIA DALAM PELAKSANAAN KERJASAMA DEFENCE COOPERATION PROGRAM DI TIMOR LESTE TAHUN 2002-2012

  • Nancy Louisa Angkie
  • Ni Wayan Rainy Priadarsani
  • Anak Agung Ayu Intan Prameswari

Abstract

ABSTRAK

Defence Cooperation Program (DCP) merupakan sebuah kerjasama pertahanan yang dilaksanakan antara badan pertahanan Australia dan Timor Leste. Kerjasama ini ditujukan Australia untuk meningkatkan kapabilitas badan pertahanan nasional Timor Leste, bernama F-FDTL, lewat penyediaan bantuan keuangan dan pelatihan. Apabila dilihat secara sekilas, bisa dianggap bahwa Timor Leste merupakan pihak yang diuntungkan dengan pelaksanaan kerjasama ini, akan tetapi penelitian ini mendapati bahwa Australia tidak bekerjasama tanpa terdorong oleh kepentingan-kepentingannya sendiri. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa Australia memiliki kepentingan keamanan dalam dua area keamanan, yakni keamanan militer dan keamanan maritim, yang menjadi pembahasan utama dalam tulisan ini.

 

Kata kunci       : kepentingan keamanan nasional, keamanan militer, keamanan maritim,

Australia, Timor Leste

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-13
How to Cite
ANGKIE, Nancy Louisa; PRIADARSANI, Ni Wayan Rainy; PRAMESWARI, Anak Agung Ayu Intan. KEPENTINGAN KEAMANAN NASIONAL AUSTRALIA DALAM PELAKSANAAN KERJASAMA DEFENCE COOPERATION PROGRAM DI TIMOR LESTE TAHUN 2002-2012. DIKSHI (DISKUSI ILMIAH KOMUNITAS HUBUNGAN INTERNASIONAL), [S.l.], v. 1, n. 1, july 2016. ISSN 2828-1853. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/hi/article/view/21809>. Date accessed: 04 may 2024.
Section
Articles