Peningkatan Elektabilitas Partai Golden Dawn dalam Pemilu Perlemen Yunani Tahun 2012 melalui Agenda Politik Anti-Imigrasi

  • I Gst. Ngr. Gede Agung Pradipta
  • D. A. Wiwik Dharmiasih
  • Putu Titah Kawitri Resen

Abstract

ABSTRAK

 

 

Proses Integrasi Uni Eropa sejak tahun 1990-an menuai reaksi negatif dari masyarakat negara anggotanya. Reaksi negatif yang lebih dikenal sebagai Euroscepticism ini diekspresikan dengan memberikan dukungan pada partai radikal kanan yang mengadopsi paham nasionalisme dan perspektif anti-Uni Eropa. Penelitian ini menganalisis fenomena tersebut melalui contoh kasus peningkatan elektabilitas Partai Golden Dawn dalam pemilu Parlemen Yunani tahun 2012. Peran Uni Eropa yang tinggi dalam isu imigrasi menyebabkan Pemerintah Yunani yang didominasi oleh partai politik mainstream harus menyesuaikan kebijakan imigrasi Yunani dengan kebijakan Uni Eropa. Padahal, kebijakan imigrasi tersebut bertentangan dengan kepentingan masyarakat Yunani yang menginginkan pengurangan jumlah imigran di Yunani. Sehingga, masyarakat Yunani memilih mendukung partai radikal kanan Golden Dawn yang dianggap mewakili kepentingan masyarakat Yunani melalui agenda anti-imigrasi yang ditawarkan.

 

 

Kata kunci: Euroscpeticism, Partai Radikal Kanan, Anti-Imigrasi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-01-15
How to Cite
PRADIPTA, I Gst. Ngr. Gede Agung; DHARMIASIH, D. A. Wiwik; RESEN, Putu Titah Kawitri. Peningkatan Elektabilitas Partai Golden Dawn dalam Pemilu Perlemen Yunani Tahun 2012 melalui Agenda Politik Anti-Imigrasi. DIKSHI (DISKUSI ILMIAH KOMUNITAS HUBUNGAN INTERNASIONAL), [S.l.], v. 1, n. 1, jan. 2016. ISSN 2828-1853. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/hi/article/view/17855>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles