Thailand's Nation Branding Strategy Through the "Go Thai Be Free" Campaign 2013-2019
Abstract
Pariwisata LGBT atau secara internasional dikenal dengan istilah Pink Tourism, merupakan salah satu bidang pariwisata yang berkembang dengan pesat di Thailand. Memiliki julukan “Gay Friendly Country”, “Gay Paradise”, membuat pariwisata LGBT Thailand menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi wisatawan LGBT Internasional. Memiliki image negatif karena keberadaan sex tourism khususnya jika dilihat dari sejarah perkembangannya, membuat Thailand melakukan upaya branding positif terhadap bidang pariwisata LGBT. Dalam rangka menggapai branding tersebut, Tourism Authority of Thailand menggunakan kampanye pariwisata “Go Thai Be Free” yang resmi diluncurkan pada tahun 2013. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan konsep nation branding serta pink tourism. Melalui kampanye ini Thailand menggunakan berbagai strategi untuk melakukan branding melalui promosi pariwisata, strategi yang dilakukan melalui pembentukan identitas branding melalui kampanye “Go Thai Be Free”, pembuatan sosial media resmi, menjalin komunikasi dengan wisatawan LGBT internasional melalui website resmi, perayaan berbagai festival LGBT, dan memiliki brand ambassador untuk melakukan promosi yang lebih luas dan menarik. Seluruh strategi ini untuk melakukan promosi pariwisata LGBT yang ramah terhadap masyarakat LGBT Internasional.
Kata-kunci: go thai be free, LGBT, nation branding, pariwisata pink, Thailand