Upaya Pemerintah Indonesia Melakukan Branding Sistem Ekonomi Syariah Dalam Pertemuan Tahunan IMF-WBG 2018

  • Yunesta Eka Pratiwi Udayana University
  • Ni Wayan Rainy Priadarsini
  • A.A. Bagus Surya Widya Nugraha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan upaya pemerintah Indonesia melakukan branding sistem ekonomi syariah dalam pertemuan tahunan International Monetary Fund dan World Bank Group 2018. Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk memasukan empat isu penting ke dalam forum tersebut. Salah satu isu penting yang dibawa oleh Indonesia ke dalam forum adalah tentang penguatan dan pengembangan sistem ekonomi syariah. Ekonomi Syariah merupakan salah satu sistem yang dijalankan oleh pemerintah Indonesia. Sebagai populasi muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi dalam mengembangkan keuangan dan ekonomi syariah. Penelitian ini menganalisis upaya Indonesia melakukan branding sistem ekonomi syariah melalui konsep nation branding dan diplomasi ekonomi yang ditulis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini kemudian menemukan jawaban bahwa upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam melakukan branding sistem ekonomi syariah yaitu dengan meluncurkan Waqf Core Principle, pengenalan Green Waqf Linked Sukuk, dan kerjasama Indonesia dengan negara-negara dalam pertemuan tahunan International Monetary Fund dan World Bank 2018.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-12-03
How to Cite
PRATIWI, Yunesta Eka; PRIADARSINI, Ni Wayan Rainy; WIDYA NUGRAHA, A.A. Bagus Surya. Upaya Pemerintah Indonesia Melakukan Branding Sistem Ekonomi Syariah Dalam Pertemuan Tahunan IMF-WBG 2018. DIKSHI (DISKUSI ILMIAH KOMUNITAS HUBUNGAN INTERNASIONAL), [S.l.], v. 4, n. 3, p. 55-66, dec. 2024. ISSN 2828-1853. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/hi/article/view/106218>. Date accessed: 31 jan. 2025.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>