PERBANDINGAN KEJADIAN DAN STATUS DEPRESI LANSIA YANG TINGGAL BERSAMA KELUARGA DENGAN YANG TINGGAL DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA WANA SERAYA DENPASAR BALI

  • Ni Ketut Dita Pradnyandari
  • Ni Ketut Sri Diniari

Abstract

Latar Belakang: Depresi merupakan masalah umum kesehatan mental yang paling banyak ditemukan pada lansia Perbedaan jenis tempat tinggal disebutkan sebagai faktor prediktor independen untuk terjadinya depresi pada lanjut usia. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kejadian dan status depresi serta memberikan gambaran karakteristik lansia  yang tinggal bersama keluarga dengan yang tinggal di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Wana Seraya Denpasar Bali.

 

Metodologi: Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2013 dengan metode descriptive   analytic   comparative   desain   cross   sectional.   Data   merupakan gabungan data primer dan sekunder. Status depresi dinilai dengan   Geriatric Depression  Scale  (GDS)  Long Version.  Pengolahan  data  menggunakan  SPSS versi 17, analisis univariat (distribusi frekuensi), analisis bivariat (chi square dan Mann Whitney). Subyek penelitian adalah lansia umur ?60 tahun yang tinggal di PSTW Wana Seraya dan yang tinggal bersama keluarga di Banjar Juwuklegi

 

Hasil  dan  Pembahasan: Proporsi  depresi  pada  lansia  di  Banjar  Juwuklegi (34,3%) dengan rincian 31,4% depresi ringan dan 2,9% depresi berat, lebih besar daripada di panti werdha (22,8%) dengan masing-masing 11,4% untuk depresi ringan dan berat. Uji beda kejadian didapatkan p=0.293 untuk kejadian depresi, dan p=0,458 untuk status depresi. Gambaran karakteristik yang dibahas berupa umur, jenis kelamin, agama, status pernikahan, pendidikan, riwayat pekerjaan, riwayat penyakit, penyebab sedih tersering.

 

Simpulan: Tidak ada perbedaan signifikan mengenai kejadian dan status depresi pada lansia yang tinggal bersama keluarga dan lansia yang tinggal di PSTW Wana Seraya. Terdapat variasi gambaran karakteristik pada kedua kelompok.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ni Ketut Dita Pradnyandari

1Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Ni Ketut Sri Diniari

Departemen Psikiatri RSUP Sanglah

 

How to Cite
PRADNYANDARI, Ni Ketut Dita; SRI DINIARI, Ni Ketut. PERBANDINGAN KEJADIAN DAN STATUS DEPRESI LANSIA YANG TINGGAL BERSAMA KELUARGA DENGAN YANG TINGGAL DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA WANA SERAYA DENPASAR BALI. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], sep. 2014. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/9813>. Date accessed: 13 july 2020.

Keywords

depresi, keluarga, lansia, panti werdha