CHARACTERISTICS OF OSTEOSARCOMA IN THE CENTRAL GENERAL HOSPITAL PROF. DR. I.G.N.G. NGOERAH DENPASAR

  • Made Maharani Calistha Ghanaputri Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • I Gede Eka Wiratnaya
  • I Ketut Suyasa
  • Anak Agung Gde Yuda Asmara

Abstract

 


ABSTRAK


 


Latar Belakang: Osteosarkoma adalah keganasan jaringan tulang yang dapat ditemukan pada anak-anak, remaja, serta lansia. Osteosarkoma memerlukan pendeteksian dan penanganan sejak dini.


Tujuan: Mengetahui karakteristik penderita osteosarkoma di RSUP Prof. Dr. I.G.N.G. Ngoerah Denpasar Tahun 2018 – 2020 berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi tulang, klasifikasi tipe lesi, dan penatalaksanaan.


Metode: Sampel populasi penelitian ini adalah penderita osteosarkoma yang dirawat di RSUP Prof. Dr. I.G.N.G. Ngoerah Denpasar pada tahun 2018 – 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan lini waktu secara retrospektif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling.


Hasil dan Kesimpulan: Sebagian besar penderita berada dalam kelompok usia 11-20 tahun. Sebagian besar penderita berjenis kelamin laki-laki. Sebagian besar lesi terjadi pada os femur. Lesi kebanyakan adalah osteosarkoma konvensional. Sebagian besar penderita menjalani perawatan kemoterapi. Hasil penelitian yang dilakukan sesuai dengan hasil penelitian-penelitian sebelumnya. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan gambaran yang lebih luas serta untuk menemukan hubungan antarvariabel dengan outcome penderita.


Kata kunci : Karakteristik, Kemoterapi, Osteosarkoma, Tumor Tulang


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-30
How to Cite
GHANAPUTRI, Made Maharani Calistha et al. CHARACTERISTICS OF OSTEOSARCOMA IN THE CENTRAL GENERAL HOSPITAL PROF. DR. I.G.N.G. NGOERAH DENPASAR. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 12, n. 10, p. 38-41, oct. 2023. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/95814>. Date accessed: 30 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2023.V12.i10.P07.