PREVALENSI FRAKTUR RADIUS DISTAL PADA LANSIA DI RSUP SANGLAH DENPASAR TAHUN 2013-2014

  • Ngakan Gde Agung Panji Khrisna Sudharma
  • I Gede Eka Wiratnaya

Abstract

Fraktur radius distal merupakan salah satu jenis fraktur yang dewasa ini prevalensinya terus mengalami peningkatan. Kelompok usia yang paling rentan mengalami fraktur ini adalah kelompok usia anak-anak dan lanjut usia. Namun fraktur radius distal pada kelompok usia dewasa memiliki dampak yang signifikan. Beberapa etiologi  meliputi ketidakstabilan sendi radioulnar distal, keganasan di regio karpal, dan trauma yang berenergi, dengan faktor risiko yang paling tinggi adalah osteoporosis. Untuk diagnosis fraktur radius distal sendiri bisa dilakukan dengan pemeriksaan penunjang berupa x-ray ­dengan posisi PA dan lateral. Rancangan restrospektif deskriptif study dipilih dalam penelitian deskriptif ini, terhadap pasien fraktur radius distal pada lansia. Lokasi penelitian bertempat di di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar  tahun 2013 – 2014. Subjek penelitian merupakan penderita fraktur radius distal lansia di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah dengan metode pemilihan subjek menggunakan total sampling. Hasilnya  pasien yang menderita frakur radius distal berjenis kelamin laki-laki sebanyak 3 sampel (30%) dan perempuan sebanyak 7 sampel (70%). Kesimpulannya dari 10 pasien fraktur radius distal pada kelompok umur lanjut usia, 8 kasus dengan mechanism of injury terjatuh (fall on same level from slipping, tripping and stumbling causing accidental injury), sedangkan 2 kasus lainnya mechanism of injury tidak diketahui.


 


Kata kunci :fraktur radius distal, lanjut usia


 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ngakan Gde Agung Panji Khrisna Sudharma

1Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

I Gede Eka Wiratnaya

2Bagian Ilmu Bedah Orthopaedi dan Traumatologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana FakultasKedokteranUniversitasUdayana/RSUP Sanglah Denpasar

Published
2019-10-10
How to Cite
KHRISNA SUDHARMA, Ngakan Gde Agung Panji; EKA WIRATNAYA, I Gede. PREVALENSI FRAKTUR RADIUS DISTAL PADA LANSIA DI RSUP SANGLAH DENPASAR TAHUN 2013-2014. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 8, n. 10, oct. 2019. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/54098>. Date accessed: 19 apr. 2024.