PENGETAHUAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA YANG MENGGUNAKAN LENSA KONTAK TERHADAP KELUHAN PENYAKIT MATA KERING

  • Pande Nyoman Anila Putri Maharani Udayana University
  • Ariesanti Tri Handayani Departemen Ilmu Kesehatan Mata Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Anak Agung Mas Putrawati Triningrat Departemen Ilmu Kesehatan Mata Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • I Gusti Ayu Made Juliari Departemen Ilmu Kesehatan Mata Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract




ABSTRAK


Lensa kontak disebut sebagai metode aman dan umum digunakan untuk memperbaiki kelainan refraksi miopia, hiperopia, astigmatisme, dan presbiopia. Lensa kontak mengurangi sensitivitas permukaan mata sehingga produksi refleks film air mata berkurang. Penguapan yang meningkat disertai dengan penurunan produksi film air mata menyebabkan sebagian besar (50- 75%) pengguna lensa kontak mengalami penyakit mata kering. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang menggunakan lensa kontak terhadap keluhan penyakit mata kering berdasarkan karakteristik pengguna lensa kontak (usia, jenis kelamin, kelainan refraksi, alasan penggunaan lensa kontak, jenis lensa kontak), pengetahuan tentang lensa kontak, dan keluhan penyakit mata kering. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan cross sectional menggunakan metode survei kuesioner.Dari total 49 siswa yang menjadi responden dalam penelitian ini, 35 orang (71,43%) memiliki pengetahuan dalam kategori baik dan 14 orang (28,57%) dalam kategori cukup, serta kategori pengetahuan baik. Kesimpulan yang bisa ditarik dalam penelitian ini adalah bahwasanya sebagian dari respondennya telah memahami dan dapat menerapkan petunjuk dalam perawatan maupun penggunaan lensa kontak secara benar sehingga keluhan penyakit mata kering juga jarang dirasakan.

Kata kunci: lensa kontak, penyakit mata kering, mahasiswa




Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-02
How to Cite
MAHARANI, Pande Nyoman Anila Putri et al. PENGETAHUAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA YANG MENGGUNAKAN LENSA KONTAK TERHADAP KELUHAN PENYAKIT MATA KERING. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 13, n. 5, p. 16-23, may 2024. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/95469>. Date accessed: 17 may 2024.