HUBUNGAN KONSUMSI KOPI TERHADAP PELUANG KELULUSAN UJIAN BLOK MAHASISWA PSSKPD ANGKATAN 2017 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA

  • Ni Luh Gede Ayu Candranita Dharmadi
  • Susy Purnawati
  • Luh Made Indah Sri Handari Adiputra

Abstract

Kopi merupakan salah satu minuman yang mengandung kafein dan dipercaya dapat meningkatkan kebugaran, meningkatkan performa kerja serta dapat menambah energi dan dapat menghilangkan perasaan mengantuk, sehingga kopi dikatakan dapat meningkatkan konsentrasi mahasiswa dalam hal belajar untuk mempersiapkan ujian blok. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan peluang kelulusan antara mahasiswa yang meminum kopi pada malam sebelum ujian blok dengan yang tidak meminum kopi. Jenis penelitian adalah observasional analitik dengan pedekatan cross sectional dan dilakukan pada 65 orang mahasiswa PSSKPD angkatan 2017.  Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa yang meminum kopi sebelum ujian memiliki persentase kelulusan sebsar 57,5% dibandingkan dengan yang tidak meminum kopi dengan persentase sebesar 42,5%. Uji chi-square menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara konsumsi kopi dengan peluang kelulusan mahasiswa PSSKPD 2017, serta mahasiswa yang meminum kopi memiliki peluang kelulusan 1,4 kali lebih besar dibandingkan dengan yang tidak meminum kopi.


Kata kunci :  kafein, kopi, konsentrasi belajar,  peluang kelulusan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ni Luh Gede Ayu Candranita Dharmadi

1Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Susy Purnawati

2Departemen Bagian Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Luh Made Indah Sri Handari Adiputra

2Departemen Bagian Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2021-09-16
How to Cite
CANDRANITA DHARMADI, Ni Luh Gede Ayu; PURNAWATI, Susy; SRI HANDARI ADIPUTRA, Luh Made Indah. HUBUNGAN KONSUMSI KOPI TERHADAP PELUANG KELULUSAN UJIAN BLOK MAHASISWA PSSKPD ANGKATAN 2017 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 10, n. 9, p. 49-55, sep. 2021. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/78058>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2021.V10.i9.P08.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>