HUBUNGAN SINDROMA MATA KERING / DRY EYE SYNDROME (DES) DENGAN GEJALA DEPRESI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN DAN PROFESI DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA

  • Ni Sayu Putu Ayu Widiastuti FK UNUD
  • I Wayan Eka Sutyawan
  • Ary Andayani
  • AAA Sukartini Djelantik

Abstract

Sindroma mata kering merupakan kumpulan gejala pada lapisan air mata yang mengakibatkan penurunan produksi air mata ataupun penguapan air mata secara berlebihan. Kondisi ini belum mempunyai data pasti mengenai berapa jumlah penderitanya di masyarakat, akibat sulitnya menegakkan diagnosis sehingga pengobatannya menjadi terhambat. Gejala depresi merupakan gangguan yang menunjukan perasaan cemas, bingung serta panik secara simultan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sindroma mata kering dengan gejala depresi pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (PSSKPD FK UNUD). Penelitian dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dalam rentang waktu Januari – November 2020. Penelitian merupakan penelitian analitik observasional dengan menggunakan metode cross-sectional serta menggunakan 217 responden yang dipilih dengan metode konsekutif sampling yang mengisi kuesioner OSDI (Ocular Surface Diseases Index) serta kuesioner BDI-II (Beck’s Depression Inventory II). Hasil penelitian ditemukan adanya hubungan bermakna antara sindroma mata kering terhadap gejala depresi (p = 0.001) dengan hubungan lemah (r = 0.251). Hal ini disebabkan karena sindroma mata kering bersifat kronis sehingga dapat menurunkan kualitas hidup seseorang. Sehingga menyebabkan adanya suatu korelasi negatif antara sindroma mata kering dengan gejala depresi yang muncul. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait faktor lainnya yang dapat mempengaruhi gejlaa depresi yang muncul pada penderita mata kering.
Kata Kunci: sindroma mata kering, OSDI, BDI-II, gejala depresi


 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Wayan Eka Sutyawan

Departemen Ilmu Kesehatan Mata 

Ary Andayani

Departemen Ilmu Kesehatan Mata 

AAA Sukartini Djelantik

Departemen Ilmu Kesehatan Mata 

Published
2023-09-20
How to Cite
WIDIASTUTI, Ni Sayu Putu Ayu et al. HUBUNGAN SINDROMA MATA KERING / DRY EYE SYNDROME (DES) DENGAN GEJALA DEPRESI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN DAN PROFESI DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 12, n. 9, p. 11-14, sep. 2023. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/67582>. Date accessed: 10 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2023.V12.i09.P03.