HUBUNGAN KONTROL GLIKEMIK DENGAN PENYAKIT ARTERI PERIFER PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II DI RSUP SANGLAH TAHUN 2016

  • Kevin Ezekia
  • I Made Pande Dwipayana

Abstract

ABSTRAK


Penyakit Arteri Perifer (PAP) merupakan salah satu komplikasi makrovaskuler dari DM Tipe II. Dalam studi Framingham Heart, 20% dari penderita PAP simptomatik menderita penyakit DM Tipe II, serta menurut studi dari Prevention Of Progression Of Arterial Disease And Diabetes (POPADAD), sebanyak 20,1% pasien berusia ?40 tahun dengan DM Tipe II terkena gejala terkait PAP. Kejadian PAP dipengaruhi oleh beberapa faktor risiko, yaitu kontrol glikemik, usia, jenis kelamin, merokok, obesitas, dan hipertensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kontrol glikemik dengan kejadian PAP pada penderita DM Tipe II di Poliklinik Diabetes RSUP Sanglah Denpasar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian analitik cross sectional dimana pengukuran variabel akan dilakukan pada waktu yang bersamaan. Metode yang digunakan untuk memperoleh data pada penelitian ini adalah dengan pengukuran ABI pasien DM Tipe II secara langsung dan menggunakan hasil pencatatan rekam medis pada Poliklinik Diabetes RSUP Sanglah Denpasar, dimana diagnosis PAP ditegakkan apabila nilai ABI <0,90. Dari 96 pasien DM Tipe II, didapatkan 44 (45,8%) pasien DM Tipe II yang menderita PAP. Berdasarkan hasil analisis bivariat chi-square, beberapa variabel yang memiliki hubungan signifikan adalah HbA1c (p=0,001), gula darah puasa (p=0,006), gula darah 2 jam pasca prandial (p=0,004), dan hipertensi (p=0,047). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kontrol glikemik, yang dinilai berdasarkan HbA1c, gula darah puasa, gula darah 2 jam pasca prandial, serta hipertensi dengan PAP pada pasien DM Tipe II. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan praktisi kesehatan akan komplikasi PAP pada pasien DM Tipe II.


 


Kata Kunci: diabetes melitus, peripheral arterial disease, PAP, kontrol glikemik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Kevin Ezekia

Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

I Made Pande Dwipayana

Bagian Endokrin Penyakit Dalam RSUP Sanglah Denpasar

Published
2020-04-19
How to Cite
EZEKIA, Kevin; DWIPAYANA, I Made Pande. HUBUNGAN KONTROL GLIKEMIK DENGAN PENYAKIT ARTERI PERIFER PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II DI RSUP SANGLAH TAHUN 2016. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 9, n. 4, p. 1-9, apr. 2020. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/60019>. Date accessed: 29 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)