KARAKTERISTIK PENDERITA OTITIS MEDIA SUPURATIF KRONIK DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT SANGLAH DENPASAR PERIODE JANUARI-DESEMBER 2014

  • Taufan Hendra Wirawan
  • I Made Sudipta
  • Sari Wulan Dwi Sutanegara

Abstract

Otitis media supuratif kronik (OMSK) merupakan salah satu penyakit yang umum ditemukan pada praktik otorhinolaryngology. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran karakteristik penderita otitis media supuratif kronik di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar periode Januari sampai Desember 2014. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap; 1) Pengumpulan data sekunder yang dilakukan dengan pencatatan data rekam medik di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah berdasarkan kriteria inklusi dan eklusi penelitian, 2) Data sekunder yang telah diperoleh akan diolah dengan menggunakan aplikasi software SPSS dan kemudian hasilnya akan dianalisa secara deskriptif. Dari 144 sampel yang didapatkan, diperoleh data bahwa umur penderita OMSK yang terbanyak adalah pada umur 10-20 tahun yaitu sebesar 25,7% dan umur yang paling jarang menderita adalah umur lebih dari 60 tahun yaitu sebesar 4,9%. Penderita dengan jenis kelamin laki-laki sebanyak 51,4% dan wanita sebanyak 48,6%. Tipe OMSK yang paling banyak diderita adalah tipe benigna sebesar 93,8% dan tipe maligna sebesar 6,2%. Gejala yang paling banyak dialami oleh penderita OMSK adalah gejala otore sebanyak 97,2% dan yang paling jarang adalah gejala vertigo sebanyak 3,5%. Pasien OMSK tipe benigna di RSUP Sanglah tahun 2014 tidak ada yang mengalami komplikasi dan semua pasien OMSK tipe maligna mengalami komplikasi. Dapat disimpulkan bahwa jumlah total penderita OMSK di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar tahun 2014 adalah sebanyak 144 orang. Pasien OMSK berdasarkan usia penderita terbanyak adalah pada umur 10-20 tahun, jenis kelamin terbanyak yaitu laki-laki, tipe OMSK tersering yaitu tipe benigna, gejala klinis terbanyak adalah otore dan pasien OMSK jarang mengalami komplikasi.


Kata kunci: karakteristik, OMSK, RSUP Sanglah

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Taufan Hendra Wirawan

1Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

I Made Sudipta

2Bagian/SMF Ilmu Penyakit Telinga Hidung Tenggorok, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana/ RSUP Sanglah Denpasar

Sari Wulan Dwi Sutanegara

2Bagian/SMF Ilmu Penyakit Telinga Hidung Tenggorok, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana/ RSUP Sanglah Denpasar

Published
2020-03-02
How to Cite
WIRAWAN, Taufan Hendra; SUDIPTA, I Made; DWI SUTANEGARA, Sari Wulan. KARAKTERISTIK PENDERITA OTITIS MEDIA SUPURATIF KRONIK DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT SANGLAH DENPASAR PERIODE JANUARI-DESEMBER 2014. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 9, n. 3, p. 43-47, mar. 2020. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/59947>. Date accessed: 02 july 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2020.V09.i3.P09.

Most read articles by the same author(s)