GAMBARAN FAKTOR RISIKO INDIVIDUAL TERHADAP KEJADIAN COMPUTER VISION SYNDROME PADA MAHASISWA JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS UDAYANA TAHUN 2015

  • Kenny Darmaliputra
  • Made Dharmadi

Abstract

Penggunaan komputer dapat mengakibatkan terjadinya computer vision syndrome (CVS). Faktor individual termasuk salah satu faktor risiko yang mempengaruhi terjadinya CVS. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran keluhan dan faktor individual yang berhubungan dengan kejadian CVS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 123 mahasiswa di Fakultas Teknik Jurusan Teknologi Informasi Universitas Udayana. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Data penelitian meliputi keluhan yang dialami, jenis kelamin, jarak pandang, sudut pandang, durasi bekerja di depan komputer, durasi istirahat setelah menggunakan komputer, dan penggunaan kacamata diperoleh dengan wawancara. Hasil analisis ditampilkan dalam bentuk narasi dan tabel. Dari 123 sampel, 74,0% mengalami CVS. Adapun keluhan CVS yang paling banyak dialami adalah mata lelah (91,1%). Selanjutnya didapatkan proporsi kejadian CVS lebih tinggi pada : perempuan (83,3%), jarak pandang kurang dari 50 cm (79,6%), sudut pandang lebih rendah (77%), durasi bekerja di depan komputer lebih dari 4 jam (78,2%), durasi istirahat kurang dari 15 menit (78,3%), dan yang menggunakan kacamata (82,9%). Dapat disimpulkan bahwa responden yang memiliki faktor risiko individual seperti : perempuan, jarak pandang kurang dari 50 cm, sudut pandang lebih rendah, durasi bekerja di depan komputer lebih dari 4 jam, durasi istirahat kurang dari 15 menit, dan yang menggunakan kacamata, memiliki kecenderungan lebih besar untuk mengalami CVS.


 


Kata kunci: computer vision syndrome, faktor individual, keluhan mata

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Kenny Darmaliputra

1Program Studi Pendidikan Dokter

Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Made Dharmadi

 Bagian IKK/IKP

Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2019-01-21
How to Cite
DARMALIPUTRA, Kenny; DHARMADI, Made. GAMBARAN FAKTOR RISIKO INDIVIDUAL TERHADAP KEJADIAN COMPUTER VISION SYNDROME PADA MAHASISWA JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS UDAYANA TAHUN 2015. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 8, n. 1, jan. 2019. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/50193>. Date accessed: 10 may 2024.