KADAR GLUKOSA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2 YANG BEROLAHRAGA RUTIN DAN YANG BEROLAHRAGA TIDAK RUTIN DI LAPANGAN RENON, DENPASAR 2015

  • Alan Budiman Karamoy
  • Made Dharmadi

Abstract

Penatalaksanaan diabetes mellitus meliputi pengetahuan, perbaikan gizi, olahraga dan obat antidiabetes. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran kadar glukosa dalam darah pada orang yang mengalami diabetes mellitus tipe 2 yang berolahraga dan yang berolahraga tidak rutin.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitaif dengan pendekatan cross-sectional. Pasien diabetes mellitus tipe 2 yang hadir pada acara tenda tensi di Renon, Denpasar sebanyak 85 orang. Data dikumpulkan dengan cara wawancara dan pemeriksaan kadar glukosa dalam darah acak yang diperiksa dengan alat glukometer.Terdapat 35% responden yang berolahraga rutin dan 65% yang berolahraga tidak rutin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden yang melakukan olahraga secara rutin memiliki kecenderungan kadar glukosa darah acak yang lebih rendah dengan rerata 156 mg/dL daripada yang berolahraga tidak rutin dengan rerata 218 mg/dL.Sebagai simpulan, rerata kadar glukosa dalam darah responden yang berolahraga rutin memiliki kecenderungan lebih rendah daripada responden yang berolahraga tidak rutin. Olahraga rutin memiliki potensi untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah pada penderita diabetes mellitus tipe 2.


Kata kunci : Diabetes mellitus tipe 2, olahraga, kadar glukosa dalam darah

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Alan Budiman Karamoy

1Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Made Dharmadi

2Bagian IKK/IKPFakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2019-04-12
How to Cite
KARAMOY, Alan Budiman; DHARMADI, Made. KADAR GLUKOSA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2 YANG BEROLAHRAGA RUTIN DAN YANG BEROLAHRAGA TIDAK RUTIN DI LAPANGAN RENON, DENPASAR 2015. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 8, n. 4, apr. 2019. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/50052>. Date accessed: 29 mar. 2024.