ANALISIS DAYA SAING DAN STRATEGI PENGEMBANGAN EKSPOR KARET ALAM INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL

ANALYSIS OF COMPETITIVENESS AND STRATEGY FOR INDONESIA NATURAL RUBBER EXPORT DEVELOPMENT IN THE INTERNATIONAL MARKET

  • Kadek Mas Diana Sari Universitas Udayana
  • Ida Bagus Darsana

Abstract

Karet alam merupakan salah satu produk unggulan dari negara Indonesia yang sangat membantu dalam meningkatkan devisa negara dan membantu dalam melestarikan lingkungan. Ekspor karet alam Indonesia beberapa tahun terakhir cenderung mengalami penurunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis posisi daya saing dan strategi pengembangan ekspor karet alam Indonesia di Pasar internasional. Titik Pengamatan yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 titik pengamatan yaitu 3 negara produsen utama karet alam dalam 10 tahun. Teknik analisis data yang digunakan adalah RCA (Revealed Comparative Advantage). Berdasarkan hasil analisis, Indonesia memiliki daya saing karet alam yang kuat di pasar internasional, ekspor karet yang rendah disebabkan oleh fokus pemerintah terhadap konsumsi dalam negeri. Strategi pengembangan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kembali ekspor karet alam Indonesia yaitu berupa peningkatan produktivitas karet alam, penyerapan untuk industri hilir lokal, dan penerapan teknologi untuk industri hilir. Industri hilir mempunyai prospek yang sangat besar melihat banyaknya produk hilir atau turunan yang dapat dihasilkan. Pemerintah hendaknya fokus dalam mengembangkan industri hilir karet alam.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
SARI, Kadek Mas Diana; DARSANA, Ida Bagus. ANALISIS DAYA SAING DAN STRATEGI PENGEMBANGAN EKSPOR KARET ALAM INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 10, n. 7, p. 2835 - 2863, july 2021. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/58056>. Date accessed: 02 may 2024.