ANALISIS DAYA SAING DAN STRATEGI PENGEMBANGAN EKSPOR KARET ALAM INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL
ANALYSIS OF COMPETITIVENESS AND STRATEGY FOR INDONESIA NATURAL RUBBER EXPORT DEVELOPMENT IN THE INTERNATIONAL MARKET
Abstract
Karet alam merupakan salah satu produk unggulan dari negara Indonesia yang sangat membantu dalam meningkatkan devisa negara dan membantu dalam melestarikan lingkungan. Ekspor karet alam Indonesia beberapa tahun terakhir cenderung mengalami penurunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis posisi daya saing dan strategi pengembangan ekspor karet alam Indonesia di Pasar internasional. Titik Pengamatan yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 titik pengamatan yaitu 3 negara produsen utama karet alam dalam 10 tahun. Teknik analisis data yang digunakan adalah RCA (Revealed Comparative Advantage). Berdasarkan hasil analisis, Indonesia memiliki daya saing karet alam yang kuat di pasar internasional, ekspor karet yang rendah disebabkan oleh fokus pemerintah terhadap konsumsi dalam negeri. Strategi pengembangan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kembali ekspor karet alam Indonesia yaitu berupa peningkatan produktivitas karet alam, penyerapan untuk industri hilir lokal, dan penerapan teknologi untuk industri hilir. Industri hilir mempunyai prospek yang sangat besar melihat banyaknya produk hilir atau turunan yang dapat dihasilkan. Pemerintah hendaknya fokus dalam mengembangkan industri hilir karet alam.