PENGARUH INVESTASI SWASTA DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DAN PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BALI

  • I Gusti Ayu Karina Mulyaputri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Nengah Kartika

Abstract

Pertumbuhan ekonomi yang tidak merata dan cenderung menurun masih meninggalkan permasalahan yang harus ditangani pemerintah di dalam pembangunan suatu daerah. Provinsi Bali memiliki sembilan kabupaten/kota dengan latar belakang yang berbeda. Perbedaan inilah yang menimbulkan hambatan dalam pemerataan ekonomi karena terkonsentrasinya suatu kegiatan perekonomian yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh investasi swasta dan tingkat pendidikan terhadap penyerapan tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di Provinsi Bali. Data yang digunakan data sekunder tahun 2011-2017 diperoleh dari Badan Pusat Statistik Provinsi Bali dengan jumlah pengamatan 63 titik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan dan penyerapan tenaga kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, sedangkan investasi swasta berpengaruh tidak positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Penyerapan tenaga kerja merupakan variabel intervening dari tingkat pendidikan terhadap pertumbuhan ekonomi namun penyerapan tenaga kerja bukan merupakan variabel intervening dari investasi swasta terhadap pertumbuhan ekonomi. 


Kata kunci : Investasi Swasta, Tingkat Pendidikan, Penyerapan Tenaga Kerja, Pertumbuhan Ekonomi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-18
How to Cite
MULYAPUTRI, I Gusti Ayu Karina; KARTIKA, I Nengah. PENGARUH INVESTASI SWASTA DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA DAN PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI BALI. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 9, n. 4, p. 935 - 962, apr. 2020. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/56825>. Date accessed: 26 oct. 2020.

Most read articles by the same author(s)