PENGARUH MODAL, PENGALAMAN KERJA, TINGKAT UPAH TERHADAP PRODUKTIVITAS DAN PROFIT PENGRAJIN KEBEN DI KECAMATAN SUSUT KABUPATEN BANGLI

  • Putu Vera Adriani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Ni Putu Martini Dewi

Abstract

Profit adalah salah satu tujuan utama perusahaan untuk menjalankan suatu kegiatan dan aktivitas. Keuntungan yang diperoleh perusahaan akan digunakan untukĀ  kepentingan dalam perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis pengaruh langsung modal, pengalaman kerja, dan tingkat upah terhadap produktivitas pengrajin keben di Kecamatan Susut Kabupaten Bangli, (2) untuk menganalisis pengaruh langsung modal, pengalaman kerja, dan tingkat upah terhadap profit pengrajin keben di Kecamatan Susut Kabupaten Bangli, dan (3) untuk menganalisis pengaruh tidak langsung modal, pengalaman kerja, dan tingkat upah terhadap profit melalui produktivitas pengrajin keben di Kecamatan Susut Kabupaten Bangli. Data yang digunakan adalah data primer dengan jumlah sampel 33 unit usaha dengan metode sampling jenuh, yang dianalisis dengan teknik analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan modal, pengalaman kerja, dan tingkat upah memiliki pengaruh dan signifikan terhadap produktivitas pengrajin keben. Modal, pengalaman kerja, tingkat upah dan produktivitas memiliki pengaruh dan signifikan terhadap profit pengrajin keben. Modal dan tingkat upah memiliki pengaruh dan signifikan terhadap profit melalui produktivitas, sedangkan pengalaman kerja tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profit melalui produktivitas pengrajin keben di Kecamatan Susut Kabupaten Bangli.


Kata Kunci: modal, pengalaman kerja, upah, produktivitas, profit

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-22
How to Cite
ADRIANI, Putu Vera; DEWI, Ni Putu Martini. PENGARUH MODAL, PENGALAMAN KERJA, TINGKAT UPAH TERHADAP PRODUKTIVITAS DAN PROFIT PENGRAJIN KEBEN DI KECAMATAN SUSUT KABUPATEN BANGLI. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 10, n. 4, p. 1392-1418, apr. 2021. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/56291>. Date accessed: 21 june 2021.