PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN HOTEL MELIA BALI

  • Ni Putu Putri Warniti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana
  • Ni Ketut Purnawati
  • Putu Yudi Setiawan
  • I Made Dana

Abstract

Kinerja perusahaan merupakan suatu alat ukur untuk mengetahui kemampuan perusahaan beroperasi dalam menciptakan keunggulan kompetitif dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh total quality managemenet terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini dilakukan di Hotel Melia Bali dengan dengan jumlah populasi sebesar 239 orang, dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 150 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil menunjukkan bahwa fokus pada pelanggan, kerja sama tim, perbaikan sistem secara berkesinambungan, dan pendidikan dan pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan. Sebaiknya, pihak Hotel Melia Bali agar dapat meningkatkan kerja sama antar karyawan tercipta hubungan yang harmonis, memberikan pendidikan dan pelatihan secara berkala kepada karyawan untuk meningkatkan keahlian dan keterampilan yang dibutuhkan perusahaan agar kinerja perusahaan dapat meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-30
How to Cite
WARNITI, Ni Putu Putri et al. PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN HOTEL MELIA BALI. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 1948-1954, sep. 2024. ISSN 2337-3067. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/99227>. Date accessed: 05 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2024.v13.i09.p16.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>