PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN HOTEL MELIA BALI
Abstract
Kinerja perusahaan merupakan suatu alat ukur untuk mengetahui kemampuan perusahaan beroperasi dalam menciptakan keunggulan kompetitif dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh total quality managemenet terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini dilakukan di Hotel Melia Bali dengan dengan jumlah populasi sebesar 239 orang, dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 150 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil menunjukkan bahwa fokus pada pelanggan, kerja sama tim, perbaikan sistem secara berkesinambungan, dan pendidikan dan pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan. Sebaiknya, pihak Hotel Melia Bali agar dapat meningkatkan kerja sama antar karyawan tercipta hubungan yang harmonis, memberikan pendidikan dan pelatihan secara berkala kepada karyawan untuk meningkatkan keahlian dan keterampilan yang dibutuhkan perusahaan agar kinerja perusahaan dapat meningkat.