PENGENDALIAN INTERNAL DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN SERTA FEEDBACKNYA KEPADA RUMAH SAKIT BHAYANGKARA KEDIRI

  • Beby Hilda Agustin Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri, Kediri, Jawa Timur, Indonesia
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/EEB.2021.v10.i10.p03

Abstrak

Pengaruh pengendalian internal terdiri dari variable lingkungan pengendalian (control environment), penilaian resiko (risk control), prosedur pengendalian, informasi dan komunikasi dan pemantauan (monitoring) sangat penting. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 179 pasien yang menjalani pembedahan di kamar operasi Rumah Sakit Bhayangkara Kediri. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan path analisis. Hasil penelitian ini dengan menggunakan path analisis, menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara peengendalain internal (X1) terhadap kepuasan pasien (Y1) sebesar 0,471, pengaruh kualitas pelayanan(X2) terhadap kepuasan pasien (Y1) sebesar 0,248, pengaruh kepuasan pasien (X1) terhadap feedback (Y2) sebesar 0,650, pengaruh pengendalian internal (X1) melalui kepuasan pasien (Y1) terhadap feedback (Y2) sebesar 0,306, pengaruh kualitas pelayanan (X2) melalui kepuasan pasien (Y1) terhadap feedback (Y2) sebesar 0,161. Hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh simultan antara variable pengendalian internal dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien dan feedback

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2021-10-26
##submission.howToCite##
AGUSTIN, Beby Hilda. PENGENDALIAN INTERNAL DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN SERTA FEEDBACKNYA KEPADA RUMAH SAKIT BHAYANGKARA KEDIRI. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, [S.l.], p. 849-858, oct. 2021. ISSN 2337-3067. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eeb/article/view/72657>. Tanggal Akses: 15 oct. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/EEB.2021.v10.i10.p03.
Bagian
Articles