HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN KECEMASAN AKADEMIK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM MENJALANI PEMBELAJARAN DARING

  • Ayu Wahyuni Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Riau
  • Ririn Muthia Zukhra Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Riau
  • Rismadefi Woferst Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Riau

Abstract

Kecemasan akademik dapat berdampak buruk terhadap kualitas belajar siswa. Salah satu hal yang mempengaruhi kualitas belajar siswa adalah efikasi dirinya sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan efikasi diri dengan kecemasan akademik siswa sekolah menengah atas dalam menjalani pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelatif dan pendekatan cross sectional. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang berisi pertanyaan tentang efikasi diri dan kecemasan akademik yang telah valid dan reliabel. Sampel penelitian adalah 208 siswa SMA Negeri 8 Pekanbaru. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling, yaitu stratified non-random sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis bivariat menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar siswa dengan efikasi diri sangat tinggi yaitu sebanyak 111 orang (53,4%) dan siswa yang memiliki kecemasan akademik sedang sebanyak 139 orang (66,8%). Secara statistik terdapat hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan akademik siswa sekolah menengah atas dalam menjalani pembelajaran daring dengan p value (0, 000) < ? (0,05).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adicondro., Nobelina., & Purnamasari, A. (2019). Efikasi diri, dukungan sosial keluarga dan self regulated learning pada siswa kelas VIII. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(01): 142-152.
Agusli, R., & Azianah, R. M. (2014). Implementasi e-learning berbasis web di SD Negeri Pasarkemis 1. Jurnal Sisfotek Global, 4(2), 61-63.
Attri, Neelam. 2013. Academic anxiety and achievement of secondary school students- A study on gender difference. International Journal of Behavioral Social and Movement Sciences. 2 pp. 27-31.
Aqzayunarsih, A., Hala, Y., & Hartati, H. (2019). "Pengaruh efikasi diri dan regulasi diri terhadap motivasi belajar dan hasil belajar biologi siswa XI MIA SMAN di Kota Palopo". Pendidikan Biologi. Universitas Negeri Makassar. Makassar
Baron, R. A., & Byrne, D. (2004). Psikologi sosial jilid 1.
Chhabra, G. S., & Sodhi, M.K. (2011). Factors contributing to psychosocial ill health in male adolescents. Online Journal of Health and Allied Sciences, 10, (3), pp. 1-4.
Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), 116-133.
Erdianto, A. A., & Dewi, D. K. (2020). Hubungan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI di SMA X selama menjalani pembelajaran daring di masa pandemi. Jurnal Pendidikan Psikologi.
Firmantyo, T., & Alsa, A. (2017). Integritas akademik dan kecemasan akademik dalam menghadapi ujian nasional pada siswa. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(1), 1-11.
Hatijah, S. (2018). "Hubungan antara resiliensi dan efikasi diri dengan kecemasan akademik menghadapi ujian nasional pada siswa kelas XI". Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiya Malang. Malang.
Irman, I. (2015). Pengelolaan kecemasan akademik siswa melalui pelatihan regulasi emosi. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 6(2), 62-71.
Istiantoro, D. (2018). Identifikasi Faktor Penyebab Kecemasan Akademik pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Bantul. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4 (10): 23-32.
Jendra, A. F. & Sugiyo. (2020). Pengaruh efikasi diri terhadap kecemasan presentasi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Wuryantoro. Journal of Guidance and Counseling, 4(1).
Khotimah, RH., Radjah, CL., & Handarini, DM. (2016). Hubungan antara konsep diri akademik, efikasi diri akademik, harga diri dan prokrastinasi akademik pada siswa SMP Negeri di Kota Malang. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 1(2): 60-67.
Lalima & Dangwal, K. L. (2017). Blended learning: An innovative approach. Universal Journal of Educational Research. 5(1): 129-136.
Nurhayati, E. (2012). Psikologi perempuan dalam berbagai perspektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Oktawirawan, D. H. (2020). Kecemasan siswa dalam melakukan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 20(2): 541-544
Patibang, D. A., & Zubair, A. G. H. (2020). Efikasi diri pada peserta didik SMA X Makassar. Jurnal Psikologi TALENTA. 2(2): 11.
Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2016). Hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan dalam menghadapi ujian pada siswa kelas IX di MTs Al Hikmah Brebes. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 13(2), 51–68.
Plummer, C.C., & Carlson, D. H. (2016). Physical Geology, Edisi Ke Lima Belas. McGrawHill Education: New York.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling. 2(1)
Razavi, S. A., Shahrabi, A., & Siamian, H. (2017). The relationship between research anxiety and self-efficacy. Materia socio-medica, 29(4), 247.
Ridhoni, F. (2013). Metode tukar pengalaman untuk meningkatkan efikasi diri pada pecandu narkoba. Psychological Journal: Science and Practice, 1(3).
Riskesdas. (2018). Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 1-100. Diperoleh tanggal 5 Mei 2023 dari https://www.kemkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas-2018.pdf
Rizki, F., & Appulembang, Y. A. (2021). "Pengaruh efikasi diri terhadap penyesuaian diri pada siswa SMA Kota Prabumulih selama pembelajaran daring". Fakultas Kedokteran. Program Studi Psikologi. Universitas Sriwijaya. Indralaya
Romano, L., Tang, X., Hietajärvi, L., Salmela-Aro, K., & Fiorilli, C. (2020). Students’ trait emotional intelligence and perceived teacher emotional support in preventing burnout: the moderating role of academic anxiety. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(13), 4771
Tahmassian, K., & Moghadam, N. J. (2011). Relationship between self-efficacy and symptoms of anxiety, depression, worry and social avoidance in a normal sample of students. Iranian journal of psychiatry and behavioral sciences, 5(2), 91.
Tamba, J. J., & Santi, D. E. (2021). Efikasi diri dengan stres akademik siswa SMA selama pembelajaran daring masa pandemi COVID-19. Seminar Nasional Psikologi UM. 1(1): 136-142.
Thinaga, M., & Westa, W. (2017). Tingkat kecemasan mahasiswa kedokteran Universitas Udayana dan implikasinya pada hasil ujian. Jurnal Intisari Sains Medis. 8(3): 181-183.
World Health Organization (2017). Mental disorders fact sheets. World Health Organization. http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs396/en.
Published
2023-05-05
How to Cite
WAHYUNI, Ayu; ZUKHRA, Ririn Muthia; WOFERST, Rismadefi. HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN KECEMASAN AKADEMIK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM MENJALANI PEMBELAJARAN DARING. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 30-37, may 2023. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/97169>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2023.v11.i02.p05.
Section
Articles