FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN SOCIAL MEDIA FATIGUE SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA KEPERAWATAN

  • Komang Suwari Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Putu Ayu Sani Utami Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Nyoman Agus Jagat Raya Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Social media fatigue rentan dialami oleh mahasiswa selama pembelajaran daring yang mengakibatkan dampak buruk terhadap kesehatan fisik maupun mental seperti depresi, kecemasan, emosi yang tidak stabil, serta penurunan akademik akibat penggunaan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan social media fatigue selama pembelajaran daring pada mahasiswa keperawatan Universitas Udayana. Desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode study cross sectional. Sampel penelitian menggunakan probability sampling dengan teknik stratified random sampling (n=180). Data dikumpulkan dengan kuesioner Educational Stress Scale for Adolesccents (ESSA), Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI), Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC) dan Social Media Fatigue Scale (SMFS). Hasil penelitian menunjukkan 156 (86,7%) responden memiliki tingkat social media fatigue sedang. Uji korelasi terhadap social media fatigue menunjukkan karakteristik responden tidak memiliki hubungan (p value usia = 0,999; jenis kelamin = 1,000; IPK = 1,000). Begitupun dengan kualitas tidur (p value = 0,162) dan resiliensi (p value = 0,333). Namun stres akademik memiliki hubungan yang signifikan dengan social media fatigue (p value = 0,001). Social media fatigue dapat dipengaruhi oleh stres akademik yang mengakibatkan mahasiswa cenderung menggunakan media sosial selama proses pembelajaran. Pencegahan social media fatigue dapat dilakukan dengan melakukan kontrol diri seperti self healing dan menggunakan media sosial secara efektif terutama sebagai sarana pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainida, H. F., Lestari, D. R., & Rizany, I. (2020). Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Kualitas Tidur Remaja di Madrasah Aliyah Negeri 4 Banjar. Caring Nursing Journal, 4(2), 47–53. ISSN 2580-0078. https://journal.umbjm.ac.id/index.php/caring-nursing/article/view/536.
Arlinkasari, F., & Akmal, S. Z. (2017). Hubungan antara School Engagement, Academic Self-Efficacy dan Academic Burnout pada Mahasiswa. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 81.https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i2.418
Baktiar, A. F., Prasetya, A., & Arifin I., (2021). Pengaruh Kelas KBM Daring Terhadap Mental Mahasiswa Dalam Perspektif Social Media Fatigue (Studi Kasus pada Mahasiswa PENS Sistem Pembangkit Energi). Nathiqiyyah, 4(2), 1–6. https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v4i2.306
Dayton, Donny, Charles, E., & Limanto, S. (2021). Dampak Penggunaan Sosial Media Overload Terhadap Performa Akademik di Kota Batam. Edupedia, 5(1), 41. https://doi.org/10.24269/ed.v5i1.693
Dhir, A., Kaur, P., Chen, S., & Pallesen, S. (2019). Antecedents and consequences of social media fatigue. International Journal of Information Management, 48, 193–202. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2019.05.021
Dhir, A., Yossatorn, Y., Kaur, P., & Chen, S. (2018). Online social media fatigue and psychological wellbeing—A study of compulsive use, fear of missing out, fatigue, anxiety and depression. International Journal of Information Management, 40, 141–152. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2018.01.012
Fang, L., Chao, C.-C., & Ha, L. (2017). College students’ positive strategic sns involvement and stress coping in the United States and China. Journal of Intercultural Communication Research, 46(6), 518–536. https://doi.org/10.1080/17475759.2017.1383296
Gaol, N. T. L. (2016). Teori Stres: Stimulus, Respons, dan Transaksional. Buletin Psikologi, 24(1), 1 - 11. https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi
Hafnidar, H., Junita, N., & Zahara, C. I. (2021). Pemaafan ( Forgiveness ) dan Resiliensi ( Recilience ) pada Pelajar yang mengalami Social Media Fatigue dimasa Pandemi Covid-19. 3, 47–51. https://doi.org/10.47679/jopp.311412021
Hargiana, G., & Sintiawati, T. (2020). Hubungan ketergantungan gawai dengan stres akademik pada mahasiswa keperawatan. Jurnal Kesehatan, 9(1), 20-25.
Hartinah, S., Sriati, A., & Kosasih, C. E. (2019). Gambaran tingkat gejala kecanduan media sosial pada mahasiswa keperawatan Universitas Padjadjaran. Jurnal Keperawatan BSI, 7(1), 123-133.
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020, 1–20.
Lee, J., Puig, A., Kim, Y.-B., Shin, H., Lee, J. H., & Lee, S. M. (2010). Academic burnout profiles in Korean adolescents. Stress and Health, 26(5), 404–416. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/smi.1312
Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(1), 31. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v10i1.5454
Nasution, R. A. T. (2021). Hubungan penggunaan media sosial dengan distres psikologis terkait pandemi covid-19 pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas sumatera utara. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/30982
Nilifda, H., Nadjmir, N., & Hardisman, H. (2016). Hubungan kualitas tidur dengan prestasi akademik mahasiswa program studi pendidikan dokter angkatan 2010 FK Universitas Andalas. Jurnal kesehatan andalas, 5(1).
Pratiwi, R., Rahmatulloh, A. R., Sari, D. S., & Nihayah, M. (2021). Peran Stress Akademik Dan Strategi Coping Pada Psychological Well Being Mahasiswa Baru Di Masa Pandemi. Mempersiapkan Generasi Digital Yang Berwatak Sociopreneur: Kreatif, Inisiatif, dan Peduli di Era Society 5.0.
Rahardjo, W., Qomariyah, N., Mulyani, I., & Andriani, I. (2020). Social media fatigue pada mahasiswa di masa pandemi COVID-19: Peran neurotisisme, kelebihan informasi, invasion of life, kecemasan, dan jenis kelamin. Jurnal Psikologi Sosial, 19(2), 142–152. https://doi.org/10.7454/jps.2021.16
Ravindran, T., Kuan, A. C. Y., & Lian, D. G. H. (2014). Antecedents and Effects of Social Network Fatigue. Journal Of The Association For Information Science And Technology, 65(11), 2306–2320. https://doi.org/DOI: 10.1002/asi.23122
Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Asyharinur Ayuning. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Setyaningtyas, A. D. A., Prahara, S. A., & Kuncoro, W. (2020). Gambaran Resiliensi Mahasiswa Menghadapi Perubahan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13141
Strombach, T., Margittai, Z., Gorczyca, B., & Kalenscher, T. (2016). Gender-specific effects of cognitive load on social discounting. PloS one, 11(10), e0165289.
We Are Social. (2019). Digital in 2019. Retrieved January 2019. https://datareportal.com/reports/digital-2019-global-digital-overview
Wulandari, A. P. J. (2020). Mengenal resiliensi dalam ilmu psikologi. Binus University Faculty of Humanities. https://psychology.binus.ac.id/2020/03/31/mengenal-resiliensi-dalam-ilmu-psikologi/
Zaini, M., & Supriyadi, S. (2021). Zoom in fatigue pada mahasiswa keperawatan selama periode pandemi Covid-19. JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan), 5(1), 64–70. https://doi.org/10.33006/ji-kes.v5i1.257
Zhang, Shuwei, Zhao, L., Lu, Y., & Yang, J. (2016). Do you get tired socializing? An empirical explanation of discontinuous usage behavior in social network service. Information & Management, 5(3), 904–914. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.im.2016. 03.006
Zhou, M., & Zhang, X. (2019). Online social networking and subjective well-being: Mediating effects of envy and fatigue. Computers & Education, 140, 103598. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103598
Published
2023-03-20
How to Cite
SUWARI, Komang; UTAMI, Putu Ayu Sani; RAYA, Nyoman Agus Jagat. FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN SOCIAL MEDIA FATIGUE SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA KEPERAWATAN. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 107-116, mar. 2023. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/96458>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2023.v11.i01.p14.