GAMBARAN MEKANISME KOPING DAN BURNOUT PADA ORANG TUA SISWA SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Ni Gusti Ayu Putu Intan Sofiyantari Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Ni Luh Putu Shinta Devi Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Putu Oka Yuli Nurhesti Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Perubahan situasi di masa pandemi Covid-19 menjadi tantangan bagi orang tua siswa dalam mengasuh anak. Peran orang tua di masa pandemi dapat memicu terjadinya burnout yang mengakibatkan masalah emosional sehingga berisiko perilaku kekerasan pada anak. Mekanisme koping diperlukan orang tua untuk beradaptasi dengan situasi sulit di masa pandemi yang menekan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mekanisme koping dan burnout pada orang tua siswa sekolah dasar di masa pandemi Covid-19. Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Besar sampel yang digunakan adalah 261 orang tua siswa dari SDK ST. Maria Immaculata Tabanan dan SD Negeri 1 Sembung Gede yang dipilih menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan orang tua siswa sekolah dasar mayoritas berada pada kategori usia dewasa akhir dengan nilai tengah usia 39 tahun. Sebagian besar orang tua dalam penelitian ini berjenis kelamin perempuan, berpendidikan perguruan tinggi, berstatus menikah, mempunyai dua anak, dan masih bekerja. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa sebanyak 52,9% orang tua menggunakan mekanisme koping adaptif dan sebanyak 47,1% orang tua menggunakan mekanisme koping maladaptif. Hasil analisis tingkat burnout orang tua berada dalam kategori rendah sebanyak 25,7%, burnout kategori sedang sebanyak 49,4% dan burnout kategori tinggi sebanyak 24,9%. Disimpulkan bahwa sebagian besar orang tua siswa sekolah dasar dalam penelitian ini menggunakan mekanisme koping yang adaptif dan memiliki tingkat burnout kategori sedang di masa pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anshory, I.A.M., Yayuk E. & Worowirasatri, D.E. (2016). Tahapan dan karakteristik perkembangan belajar siswa sekolah dasar (upaya pemaknaan development task). The Progressive and Fun Education Seminar, Malang: 3 Agustus 2016. Hal. 383-389.
Ardani, W.A., Sasono, T.N., & Rohmi, F. (2020). Hubungan mekanisme koping dengan tingkat kecemasan orang tua yang memiliki anak retardasi mental di SLB BC PGRI Sumber Pucung. Jurnal Midpro, 12 (1), 123-134.
Arjunawadi, M. (2015). Gambaran Mekanisme Koping Orang Tua Yang Memiliki Anak Down Syndrome Di SLB Negeri Ungaran Kabupaten Semarang. Skripsi. Program Studi Keperawatan. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudi Waluyo. Semarang.
Atmaja, I.W & Suana. (2019). Pengaruh beban kerja terhadap burnout dengan role stress sebagai variabel mediasi pada karyawan rumours restaurant. E-Journal Manajement, 8 (2), 7775 – 7804.
Bhat, B.A., Mir, R.A., Hussain, A., & Shah, I.R. (2020). Depressive and anxiety symptoms, quality of sleep, and coping during the 2019 coronavirus disease pandemic in general population in kashmir. Middle East Current Psychiatry, 27(61), 1-10. https://doi.org/10.1186/s43045-020-00069-2
Eliyana. (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan burnout perawat pelaksana di ruang rawat inap RSJ Provinsi Kalimantan Barat tahun 2015. Jurnal Administrasi Rumah Sakit, 2 (3), 172-182.
Fitriani, A., & Kembangkasih, A. (2020). Pemberian pelatihan webinar strategi pengelolaan (coping) stres menghadapi pandemi covid-19. Jurnal Abdimas, 6(4), 252-259.
Foley, C., & Murphy, M., (2015). Burnout in irish teachers: investigating the role of individual differences, work environment and coping factors. Teaching and Teacher Education, 50, 46-55. http://dx.doi.org/10. 1016/j.tate. 2015.05.001
Hapsari, S.M., Sugito, & Fauziah, P.Y. (2020). Parent’s involvement in early childhood education during Covid-19. Jurnal Pendidikan Progresif, 10 (2), 298-311.
Hubert, S., & Aujoulat, I. (2018). Parental burnout : when exhausted mothers open up. Frontiers in Psychology, 9, 1021. doi: 10.3389/fpsyg.2018.01021
Jannah, M (2015). Tugas-tugas perkembangan pada usia kanak-kanak. Gender Equality: Internasional Journal of Child and Gender Studies, 1 (2), 87-98.
Kerr, M.L., Braaten, S., Fanning, K., & Kim, C. (2020). Pandemic parenting in wisconsin. Kerr Parent Lab, 1-7.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). (2020). Pengendalian dan Pencegahan Coronavirus Disease (Covid-19). Direktorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit. Jakarta: Kemenkes RI.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). (2020). Pembelajaran Secara Daring dan Bekerja Dirumah. Ristekdikti.go.id. Available at: http://lldi kti14.ristekdikti.go.id/assets/ berkas/e4ac36b3906ce2044c95ed82 cc0064e3.pdf. Accessed: 20 Septemb er 2020
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). (2020). Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Kemendikbud.go.id. Available at: http://www. kemendikbud.go.id. Accessed: 30 September 2020.
Manja, S.A., Mohamad, I., Ismail, H., & Yusof, N.I. (2020). Working parents and emotionally parental burnout during Malaysia movement control order (Mco). European Journal of Molecular & Clinical Medicine, 7 (2), 4930-4953.
Maslach, C. & Leiter, M.P. (2016) Understanding the burnout experience: recent research and its implications for psychiatry. World Psychiatry, 15:, 103-111.
Mikolajczak, M., Brianda, M. E., Avalosse, H., & Roskam, I. (2018). Consequences of parental burnout: its specificeffect on childneglect and violence. Journal Child Abuse & Neglect, 134-145. https://doi.org/10.1016/j.chiabu .2018.03.025
Nasution, N.B., Nasrun., & Marselina, M. (2020). Pelatihan koping adaptif untuk menurunkan dampak psikologi virus covid-19 di sd plus jabal rahmah mulia, jl. balai desa no. 16-27, sunggal, kec. medan sunggal, kota medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(4), 248-253.
Octaviani, M., Herawati, T., & Tyas, F.P.S. (2018). Stres, strategi koping, dan kesejahteraan subyektif pada keluarga orang tua tunggal. Jur. Ilm. Kel. & Kons, 11 (3), 169-180.
Pravesty, E. (2017). Hubungan Mekanisme Koping Dengan Tingkat Stres Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Retardasi Mental di SLB N 1 Bantul. Skripsi. Program Studi Ilmu Keperawatan. Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas ‘Aisyiyah. Yogyakarta.
Putri, T.H. (2020). Gambaran burnout pada perawat kesehatan jiwa. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 3(2), 60-67.
Roskam, I., Aguiar, J., Akgun, E., Arikan, G., Artavia, M., Avalosse, H., ….. Yotanyamaneewong, S. (2021). Parental burnout around the globe: a 42-country study. Affective Science, 2:58–79. https://doi.org/10.1007/s427 61-020-00028-4
Roskam, I., Brianda, M. E & Mikolajczak, M. (2018). A step forward in the conceptualization and measurement of parental burnout: the parental burnout assessment (PBA). Front. Psychol, 9:758. doi: 10.3389/fpsyg. 2018.00758
Roskam, I., Raes, M-E., & Mikolajczak. M. (2017). Exhausted parents: development and preliminary validation of the parental burnout inventory. Front. Psychol, 8:163. doi: 10.3389/fpsyg.2017.00163
Sari, D.Y (2015). Hubungan beban kerja, faktor demografi, locus of control dan harga diri terhadap burnout syndrome pada perawat pelaksana IRD RSUP Sanglah. Coping Ners Journal. 3(2). 51-60. ISSN:2303-1298.
Shaheen, F. & Mahmood, N. (2018). Influence of demographic characteristics towards emotional burnout among public school teachers in Punjab. Journal of Elementary Education, 27 (2), 1-20.
Stuart & Wiscarz, G. (2016). Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa Stuart. Singapore: Elsevier.
Vivin, S. & Daryati, E.I. (2020). Hubungan karakteristik dan pengetahuan dengan mekanisme koping orang tua menghadapi temper tantrum. Carolus Journal of Nursing, 3 (1), 1-14.
Zyga, S., Mitrousi, S., Alikari, V., Sachlas, A., Stathoulis, J., Fradelos, E.…Maria, L. (2016). Assessing factors that affect coping strategies among nursing personnel. Mater Sociomed, 28 (2), 146-150.
Published
2023-05-05
How to Cite
SOFIYANTARI, Ni Gusti Ayu Putu Intan; DEVI, Ni Luh Putu Shinta; NURHESTI, Putu Oka Yuli. GAMBARAN MEKANISME KOPING DAN BURNOUT PADA ORANG TUA SISWA SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI COVID-19. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 1-8, may 2023. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/94235>. Date accessed: 12 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2023.v11.i02.p01.
Section
Articles