EVALUASI PEMBELAJARAN MAHASISWA KEPERAWATAN: SEBUAH TINJAUAN

  • Sarah K. Wulandari Program Studi Sarjana Keperawatan Fakultas Kesehatan ITEKES Bali
  • I Kadek Nuryanto Program Studi Profesi Ners Fakultas Kesehatan ITEKES Bali

Abstract

Pencapaian luaran pembelajaran pada perguruan tinggi memiliki tolak ukur yang harus relevan dengan dunia industri. Keterlibatan mahasiswa secara aktif dalam proses belajar dan keinginan untuk mencapai kompetensi sesuai learning outcome perlu difasilitasi dengan perencanaan dan evaluasi yang berkesinambungan. Tujuan dari penelitian saat ini adalah untuk mengevaluasi kepuasan pembelajaran praktik klinik pada mahasiswa keperawatan. Penelitian ini merupakan penelitian jenis descriptive analysis dengan design cross sectional. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner Educational Practices Questionnaire-C (EPQ-C) digunakan untuk variabel evaluasi pembelajaran self-evaluation dengan 22 item pernyataan dengan modifikasi. Sampel penelitian ini adalah 78 mahasiswa keperawatan dengan teknik non-probability yaitu total sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kuesioner yang digunakan reliabel dengan nilai Cronbach`s Alpha 0,77. Hasil pada responden berada pada kategori puas sebanyak 51,2% (40 orang). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagian besar mahasiswa menyatakan puas terhadap proses pembelajaran klinik yang berlangsung dalam masa pendidikan. Namun beberapa item penilaian perlu mendapatkan perhatian untuk dapat dijadikan indikator dalam meningkatkan proses pembelajaran pada mahasiswa, khususnya keperawatan sehingga kepuasan belajar menjadi lebih baik dan pencapaian kompetensi lebih optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AIPNI. (2021). Kurikulum Inti Pendidikan Ners Indonesia 2021. Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI).
Antohe, I., Riklikiene, O., Tichelaar, E., & Saarikoski, M. (2016). Clinical education and training of student nurses in four moderately new European Union countries: Assessment of students’ satisfaction with the learning environment. Nurse Education in Practice, 17, 139–144. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2015.12.005
Badan Pusat Statistik. (2020). Indeks Pembangunan Manusia 2019. Badan Pusat Statistik.
Capperucci, D. (2015). Form@re-Open Journal per la formazione in rete How Self-Evaluation can make schools more effective. Numero, 3, 258–278. https://doi.org/10.13128/formare-17202
Fogg, N., Wilson, C., Trinka, M., Campbell, R., Thomson, A., Merritt, L., Tietze, M., & Prior, M. (2020). Transitioning from direct care to virtual clinical experiences during the COVID-19 pandemic. Journal of Professional Nursing, 36(January), 685–691.
Junaidi, dkk. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.
Kemenkes RI. (2006). Pedoman Penyelenggaraan Upaya Keperawatan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas.
Kemenkes RI. (2014). Undang-Undang RI No.38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan.
Kemenkes RI. (2020). Kepmenkes RI Nomor HK.01.07/MENKES/425/2020 tentang Standar Profesi Perawat. Kementerian Kesehatan RI. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&AuthType=ip,shib&db=bth&AN=92948285&site=eds-live&scope=site%0Ahttp://bimpactassessment.net/sites/all/themes/bcorp_impact/pdfs/em_stakeholder_engagement.pdf%0Ahttps://www.glo-bus.com/help/helpFiles/CDJ-Pa
Kimhi, E., Reishtein, J. L., Cohen, M., Friger, M., Hurvitz, N., & Avraham, R. (2016). Impact of simulation and clinical experience on self-efficacy in nursing students: Intervention study. Nurse Educator, 41(1), E1–E4. https://doi.org/10.1097/NNE.0000000000000194
Liljedahl, M., Björck, E., Kalén, S., Ponzer, S., & Bolander Laksov, K. (2016). To belong or not to belong: Nursing students’ interactions with clinical learning environments - An observational study. BMC Medical Education, 16(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s12909-016-0721-2
Mariani, B., Bradley, C. S., Daniels, A. L., & Forneris, S. G. (2021). Educational Practices Questionnaire-C (Across the Curriculum). https://www.nln.org/education/teaching-resources/tools-and-instruments
Pereira, H. R., Brisbois, M. D., Silva, H. O., & Stover, C. M. (2017). Learning beyond expectations: Evaluation of an international nursing student exchange. Journal of Nursing Education and Practice, 8(2), 72. https://doi.org/10.5430/jnep.v8n2p72
Permendikbud RI. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 03 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi.
Salerno, J. P., McEwing, E., Matsuda, Y., Gonzalez-Guarda, R. M., Ogunrinde, O., Azaiza, M., & Williams, J. R. (2018). Evaluation of a nursing student health fair program: Meeting curricular standards and improving community members’ health. Public Health Nursing, 35(5), 450–457. https://doi.org/10.1111/phn.12402
Serrano-Gallardo, P., Martínez-Marcos, M., Espejo-Matorrales, F., Arakawa, T., Magnabosco, G. T., & Pinto, I. C. (2016). Fatores associados à aprendizagem clínica dos alunos de enfermagem nos cuidados de saúde primários: Um estudo analítico transversal. Revista Latino-Americana de Enfermagem, 24. https://doi.org/10.1590/1518-8345.0327.2803
Setiawan, A. (2019). Studi Eksploratif Tentang Perawat Puskesmas Di Indonesia: Karakteristik, Layanan, Dan Praktik Mandiri. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 1(2), 123. https://doi.org/10.37294/jrkn.v1i2.80
Walker, S., Rossi, D., Anastasi, J., Gray-Ganter, G., & Tennent, R. (2016). Indicators of undergraduate nursing students’ satisfaction with their learning journey: An integrative review. Nurse Education Today, 43, 40–48. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2016.04.011
Published
2023-03-02
How to Cite
WULANDARI, Sarah K.; NURYANTO, I Kadek. EVALUASI PEMBELAJARAN MAHASISWA KEPERAWATAN: SEBUAH TINJAUAN. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 83-88, mar. 2023. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/94156>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2023.v11.i01.p11.