PERBEDAAN COMPUTER VISION SYNDROME BERDASARKAN SCREEN TIME DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA PSSIKPN FK UNIVERSITAS UDAYANA
Abstract
Dampak pandemi Covid-19 terhadap pendidikan menyebabkan proses pembelajaran dilaksanakan secara daring. Pembelajaran daring dilakukan oleh seluruh mahasiswa di berbagai instansi pendidikan termasuk mahasiswa keperawatan. Mahasiswa yang menjalani pembelajaran daring dapat menghabiskan waktu selama berjam-jam di depan laptop, komputer, atau gadget sehingga berisiko mengalami masalah kesehatan mata seperti Computer Vision Syndrome (CVS). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan CVS berdasarkan screen time dalam pembelajaran daring pada mahasiswa keperawatan Udayana. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif komparatif dengan pengukuran berulang sebanyak tiga kali pada variabel CVS. Data dikumpulkan dengan kuesioner screen time dan keluhan CVS dengan pengukuran selama dua minggu. Responden dalam penelitian ini adalah 161 mahasiswa keperawatan yang dipilih dengan metode stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara bermakna CVS hari pada ke-1, ke-5, dan ke-10 dengan p = 0,000. Kesimpulan dari penelitian ini ada perbedaan secara bermakna CVS pada hari ke-1, ke-5, dan ke-10 dimana terjadi peningkatan skor pada CVS hari ke-1, ke-5, dan ke-10.
Downloads
References
American Acedemy of Pediatrics. (2020). Screen Time and Children. Diakses melalui https://www.aacap.org/AACAP/Families_and_Youth/Facts_for_Families/FFF-Guide/Children-And-Watching-TV-054.aspx.
American Optometric Association. (2017). Diakses pada http://www.aoa.org/patients-and-public/caring-for-your-vision/protecting-your-vision/computer-vision-syndrome?sso=y#2
Arjunaita. (2020). Pendidikan di era revolusi industri 5.0. Prosiding seminar pendidikan program pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Blehm, C., Vishnu, S., Khattak, A., Mitra, S., & Yee, R. W. (2005). Computer vision syndrome: a review. Survey of ophthalmology, 50(3), 253-262.
Brindova, D., Veselska, Z. D., Klein, D., Hamrik, Z., Sigmundova, D., van Dijk, J. P., ... & Geckova, A. M. (2015). Is the association between screen-based behaviour and health complaints among adolescents moderated by physical activity? International journal of public health, 60(2), 139-145.
Budhianto, B. (2020). Analisis Perkembangan dan Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Pembelajaran Daring (E-Learning). Jurnal Agri Widya, 1(1), 11-29.
Cacodcar, J. A., Raiturcar, T. P., Fernandes, R. R., Dessai, S. R., Kantak, V. S., & Naik, R. (2021). Knowledge, Attitudes and Practices of Computer Vision Syndrome among Medical Students in Goa. Epidemiology International (E-ISSN: 2455-7048), 6(1), 9-14.
Dhull, I., & Sakshi. (2017). Online Learning. International Education & Research Journal (IERJ), 3(8), 32–34.
Djalla, A. (2021). Hubungan Antara Perilaku Penggunaan Laptopyang Berlebihan Dengan keluhan Kesehatan pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatanuniversitas Muhammadiyah Parepare. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 4(1), 111-121.
Gayatri, I.G.A.I.A. (2019) Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Keluhan Computer Vision Syndrome (CVS) pada siswa-siswi SMPN 4 Denpasar. Community of Publishing in Nursing (COPING), 8 (4).
Hidayati, R. M., Bayhakki., & Woferst, R. (2017). Hubungan Durasi Penggunaan Laptop dengan Keluhan Computer Vision Syndrome pada Mahasiswa PSIK UR. Jurnal Ners Indonesia, 8 (1), 33-41
Idayati, R. (2011). Pengaruh Radiasi Handphone Terhadap Kesehatan. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 11(2), 115-120.
Kadita, F. (2017). Hubungan Konsumsi Kopi dan Screen Time dengan Lama Tidur dan Status Gizi pada Dewasa. [Proposal Penelitian Jurusan Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro]
Kasim, N. A. B. (2017). Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Smartphone Dengan Kejadian Computer Vision Syndrome Pada Mahasiswa Angkatan 2014-2016 Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FKUH) Tahun 2017.
Kharel, R., & Khatri, A. (2018). Knowledge, attitudes and practice of computer vision syndrome among medical students and its impact on ocular morbidity. Journal of Nepal Health Research Council, 16(3), 291-296.
Krishnan, S., Zakaria, A., Khalil, F., & Jofree, S. (2017). The Effect of Electronic Device on Human Health. Management, 7(1), 40-43. Doi: 10.5923/j.mm.20170701.05.
Lee, J. W., Cho, H. G., Moon, B. Y., Kim, S. Y., & Yu, D. S. (2019). Effects of prolonged continuous computer gaming on physical and ocular symptoms and binocular vision functions in young healthy individuals. PeerJ, (6), 1–14. https://doi.org/10.7717/peerj.7050.
Madinah, R. S., Laeto, A. B., & Putri, S. S. F. (2020). Hubungan Aktivitas Fisik Dan Screen-Time Smartphone Dengan Kualitas Tidur Mahasiswa Pspd Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Di Era Pandemi Covid-19 (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).
Mersha, G. A., et al. (2020). Knowledge about Computer Vision Syndrome among Bank Workers in Gondar City, Northwest Ethiopia. Occupational Therapy International. 1-5. doi: 10.1155/2020/2561703.
Nastiti, F.E., Rizqi, A., & Abdu, N. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5 (1), 61-66
Noreen, K., Ali, K., Aftab, K., & Umar, M. (2021). Computer Vision Syndrome (CVS) and its Associated Risk Factors among Undergraduate Medical Students in Midst of COVID-19. Pakistan Journal of Ophthalmology, 37(1).
Puspitasari, A. (2012). Hubungan Antara Perilaku Penggunaan Laptop dan Keluhan Kesehatan Akibat Penggunaan Laptop Pada Mahasiswa Sarjana Reguler Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Skripsi. Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.
Randolph, S. A. (2017). Computer vision syndrome. Workplace health & safety, 65(7), 328-328.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.
Salsabila, U.H., Sari, L.I., Lathif, K.H., Lestari, A.P., & Ayuning, A. (2020) Peran Teknologi dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 7(2). Pp 188-198. http//ojs.diniyah.ac.id/idex.php/Al-Mutharahah.
Setyowati, D. L., Nuryanto, M. K., Sultan, M., Sofia, L., & SuwardiGunawan, A. W. (2021) Computer Vision Syndrome Among Academic Community in Mulawarman University, Indonesia During Work From Home In Covid-19 Pandemic.
Sobirin, M. (2020). Identifikasi Keluhan Kesehatan Mahasiswa Selama Perkuliahan Daring pada Masa Pandemic Covid19. Performa: Media Ilmiah Teknik Industri, 19(1).
Suryana, R. (2018). Pengaruh Konsumsi Makanan Jajanan, Aktivitas Fisik, Screen Time, dan Durasi Tidur Terhadap Obesitas Pada Remaja Pengguna Smratphone di Madrasah Aliyah Negeri Binjai Tahun 2018. Tesis: Universitas Sumatera Utara Seririt. Jurnal Pendidikan dan Biologi Undiksha, 6 (1). ISSN: 2599-1485.
Udiantari, I. A. I., Citrawathi, D. M., Warpala, I. W. S. (2018). Fitur Eye Protection Pada Layar Smarthphone Dapat Mengurangi Kelelahan Mata dan Memperpanjangn Durasi Penggunaan Pada Siswa SMP Negeri 1 Seririt. Jurnal Pendidikan dan Biologi Undiksha, 6 (1). ISSN: 2599-1485.
Utami, N. P., Purba, M. B., & Huriyati, E. (2018). Paparan Screen Time Hubungannya Dengan Obesitas pada Remaja SMP di Kota Yogyakarta. Jurnal Dunia Gizi, 1 (2), 71-78.
Valentina, D.C.D., Yusran M., Wahyudo, R., & Himayani, R. (2019). Faktor risiko sindrom penglihatan komputer pada mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung. JIMKI. 7(2):29−37.
Zulkarnain, B. S., Budiyatin, A. S., Aryani, T., & Loebis, R. (2021). The Effect of 20-20-20 Rule Dissemination and Artificial Tears Administration in High School Students Diagnosed with Computer Vision Syndrome. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Indonesian Journal of Community Engagement), 7(1), 24-29.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.