ANALISIS PENERAPAN DISTRAKSI AUDIOVISUAL UNTUK MENGATASI DISTRESS ANAK YANG MENDAPAT TERAPI INHALASI

  • Atika Amri Yeni Putri Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kesehatan Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Riau Roslita Program Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kesehatan Universitas Hang Tuah Pekanbaru

Abstract

Penyakit saluran pernapasan merupakan penyakit dengan tingkat kejadian cukup luas dan dapat menyerang siapa saja. Salah satu terapi pada penyakit saluran pernapasan, yaitu pemberian terapi inhalasi. Terapi inhalasi sebagai salah satu penatalaksanaan anak dengan gangguan sistem pernapasan seringkali menyebabkan distress. Distress saat terapi inhalasi dapat menurunkan efektivitas pengobatan. Intervensi keperawatan menurunkan ketakutan anak selama inhalasi yang dapat dilakukan oleh perawat adalah menerapkan distraksi audiovisual. Tujuan pemberian asuhan keperawatan dalam menerapkan EBNP (Evidence Based Nursing Practice) distraksi audiovisual adalah untuk menurunkan tingkat distress anak selama terapi inhalasi. Metode penerapan EBNP yang digunakan adalah PICOT (Problem: anak yang mendapat terapi inhalasi, Intervention: pemberian distraksi audiovisual, Comparison: membandingkan anak yang mendapat intervensi dengan yang tidak, Outcome: adanya perbedaan skor distress antara yang mendapat intervensi dengan yang tidak, Time: selama terapi inhalasi). Sampel berjumlah 2 pasien, 1 pasien intervensi dan 1 pasien tidak diberikan intervensi di Ruang Rawat Lili RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Setelah dilakukan pemberian intervensi, didapatkan perbedaan yang signifikan terhadap tingkat distress anak. Skor distress anak yang diberi intervensi menjadi 0, sedangkan anak yang tidak diberikan intervensi adalah 15. Oleh karena itu, pemberian distraksi audiovisual dapat menurunkan distress anak saat mendapat terapi inhalasi. Distraksi audiovisual dapat menjadi salah satu intervensi saat mengatasi distress saat terapi inhalasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Devi, N. L. P. S., Nurhaeni, N., & Hayati, H. (2017). Effect of Audiovisual Distraction on Distress and Oxygenation Status in Children Receiving Aerosol Therapy. Comprehensive Child and Adolescent Nursing, 40(1), 14–21. https://doi.org/10.1080/24694193.2017.1386966
DiBlasi, R. M. (2015). Clinical controversies in aerosol therapy for infants and children. Respiratory Care, 60(6), 894–914. https://doi.org/10.4187/respcare.04137
Emukule, G. O., McMorrow, M., Ulloa, C., Khagayi, S., Njuguna, H. N., Burton, D., Montgomery, J. M., Muthoka, P., Katz, M. A., Breiman, R. F., & Mott, J. A. (2014). Predicting mortality among hospitalized children with respiratory illness in Western Kenya, 2009-2012. PLoS ONE, 9(3), 2009–2012. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0092968
Ferkol, T., & Schraufnagel, D. (2014). The global burden of respiratory disease. Annals of the American Thoracic Society, 11(3), 404–406. https://doi.org/10.1513/AnnalsATS.201311-405PS
Habiba, R. A., Triana, K. Y., & Ayu, N. M. D. (2021). Pengaruh Distraksi Video Film Kartun Terhadap Kecemasan Anak Dengan Bronkopneumonia yang Dilakukan Terapi Inhalasi Menggunakan Nebulizer. Politeknik Kesehatan Makassar, 12(1), 2087–2122. https://doi.org/https://doi.org/10.32382/jmk.v12i1.2051
Hillgrove-Stuart, J., Riddell, R. P., Horton, R., & Creenberg, S. (2013). Toy-mediated distraction: Clarifying the role of distraction agent and preneedle distress in toddlers. Pain Research and Management, 18(4), 197–202.
Kementrian Kesehatan Indonesia. (2021). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2020. Jakarta: Kemenkes RI.
Koller, D., & Goldman, R. D. (2012). Distraction techniques for children undergoing procedures: a critical review of pediatric research. Journal of Pediatric Nursing, 27(6), 652–681. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2011.08.001
Lee, J., Lee, J., Lim, H., Son, J. S., Lee, J. R., Kim, D. C., & Ko, S. (2012). Cartoon distraction alleviates anxiety in children during induction of anesthesia. Anesthesia and Analgesia, 115(5), 1168–1173. https://doi.org/10.1213/ANE.0b013e31824fb469
Maccari, J. G., Teixeira, C., Gazzana, M. B., Savi, A., Dexheimer-Neto, F. L., & Knorst, M. M. (2015). Inhalation therapy in mechanical ventilation. Jornal Brasileiro de Pneumologia, 41(5), 467–472. https://doi.org/10.1590/S1806-37132015000000035
Maharezi, S. (2014). Pengaruh Teknik Distraksi (Boneka Tangan) Terhadap Perubahan Skala Nyeri Saat Imunisasi Campak Pada Bayi Di Wilayah KerjaPustu Bulakan Balai Kandi, Koto Nan IV, Payakumbuh Barat. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Naskah tidak dipublikasikan.
Mangku, G., & Senapati, T. (2017). Terapi Cairan. Ilmu Anestesia dan Reanimasi. Jakarta: Indeks Jakarta.
McCance, K. L. & Huether, S. E. (2014). Pathophysiology: The biologic basis for disease in adults and children (7th ed.). St. Louis, Missouri: Elsevier Mosby
McCarthy, M., Glick, R., Green, J., Plummer, K., Peters, K., Johnsey, L., & DeLuca, C. (2012). Comfort First: an evaluation of a procedural pain management programme for children with cancer. Psyco-Oncology, 22(4), 775–782. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/pon.3061
Rachmadani, M. (2013). Pengaruh Bermain Terapeutik (puzzle) terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah yang Dilakukan Nebulizer di RS Khusus Anak “Empat Lima” Yogyakarta. STIKes Aisyiyah Yogyakarta. Naskah tidak dipublikasikan.
Roslita, R., Nurhaeni, N., & Wanda, D. (2021). Dampak Distraksi Audiovisual Terhadap Distress Anak Yang Mendapatkan Terapi Inhalasi. Jurnal Kesehatan Komunitas, 7(1), 13–17. https://doi.org/10.25311/keskom.vol7.iss1.582
Schroeder, P. A., Ehlis, A. C., Wolkenstein, L., Fallgatter, A. J., & Plewnia, C. (2015). Emotional distraction and bodily reaction: Modulation of autonomous responses by anodal tDCS to the prefrontal cortex. Frontiers in Cellular Neuroscience, 9, 482. http://doi.org/10.3389/fncel.2015.00482
Sörqvist, P., & Marsh, J. E. (2015). How concentration shields against distraction. Current Directions in Psychological Science, 24(4), 267-272. doi:10.1177/0963721415577356
Supriyatno, B., & Nataprawira, H. M. D. (2019). Terapi Inhalasi pada Anak. In Sari Pediatri (Vol. 4, Issue 2, p. 67). https://doi.org/10.14238/sp4.2.2002.67-73
The British Psychological Society. (2010). Evidence-based Guidelines for the Management of Invasive and/or Distressing Procedures with Children. The British Psychological Society, March 1–48.
World Health Organization. (2020). WHO and the Maternal Child Epidemiology Estimation Group (MCEE).
Published
2022-12-31
How to Cite
PUTRI, Atika Amri Yeni; ROSLITA, Riau. ANALISIS PENERAPAN DISTRAKSI AUDIOVISUAL UNTUK MENGATASI DISTRESS ANAK YANG MENDAPAT TERAPI INHALASI. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 10, n. 6, p. 607-613, dec. 2022. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/92932>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2022.v10.i06.p04.