HUBUNGAN ACADEMIC SELF EFFICACY DENGAN KEJADIAN ACADEMIC BURNOUT PADA MAHASISWA FARMASI

  • Andika Parnomo Putra Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Harapan Bangsa
  • Indri Heri Susanti Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Harapan Bangsa
  • Tri Sumarni Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Harapan Bangsa

Abstract

Academic self efficacy merupakan keyakinan mahasiswa dalam belajar, mampu mengatur waktu, dan lingkungan belajar secara lebih efektif. Menurunnya academic self efficacy mahasiswa dapat meningkatkan kejadian academic burnout. Academic burnout merupakan perasaan lelah bagi mahasiswa karena tuntutan studi dan perasaan tidak kompeten sebagai seorang mahasiswa yang menyebabkan stres, dan faktor psikologis lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan academic self efficacy dengan kejadian academic burnout pada mahasiswa Program Studi Farmasi Program Sarjana Fakultas Kesehatan di Universitas Harapan Bangsa, menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Responden penelitian yaitu semua mahasiswa farmasi. Teknik pengambilan sampel probability sampling proportionate stratified random sampling sebanyak 190 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner Academic Self Efficacy Scale dan Maslach Burnout Inventory-Student Survey. Hasil penelitian academic self efficacy pada mahasiswa farmasi pada kategori sedang (62,1%) dan academic burnout pada kategori sedang (52,6%). Hasil analisis menggunakan uji Spearman Rank didapatkan ada hubungan academic self efficacy dengan kejadian academic burnout pada mahasiswa farmasi dengan p value 0,000 (p<a).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, V.R. and Nashori, H.F. (2021) ‘Religiusitas, efikasi diri, dan stres akademik mahasiswa farmasi’, 3(1), pp. 36–55. doi:10.32923/psc.v3i1.1702.
Ardiningtyas, B. (2017) ‘Gambaran Pelaksanaan Praktek Kerja Profesi Apoteker Di Apotek Di Daerah Istimewa Yogyakarta’, Jurnal Ilmiah Farmasi, 13(1), pp. 19–26. doi:10.20885/jif.vol13.iss1.art4.
Arlinkasari, F. and Akmal, Z. (2017) ‘Hubungan antara School Engagement , Academic Self-Efficacy dan Academic Burnout pada Mahasiswa’, 1, pp. 81–102. doi:https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i2.418.
Bandura, A. (1997) ‘Self-Efficacy The Exercise of Control by Albert Bandura’. W.H. Freeman and Company.
Christiana, E. (2020) ‘Burnout Akademik Selama Pandemi Covid 19’, Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Mengukuhkan Eksistensi Peran BK Pasca Pandemi Covid-19 di Berbagai Setting Pendidikan, pp. 8–15.
Fernández-Arata, M., Dominguez-Lara, S.A. and Merino-Soto, C. (2017) ‘Single-item academic burnout and its relationship with academic self-efficacy in college students’, Enfermería Clínica (English Edition), 27(1), pp. 60–61. doi:10.1016/j.enfcli.2016.07.001.
Kaur, M. et al. (2020) ‘Relationship of Burnout and Engagement to Pharmacy Students ’ Perception of Their Academic Ability’, 84(2), pp. 213–216. doi:10.5688/ajpe7571.
Khansa, F. and Djamhoer, T.D. (2020) ‘Hubungan Academic Self Efficacy Dengan Academic Burnout Pada Mahasiswa Di Kota Bandung’, 6(2), pp. 834–839. doi:http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24457.
Law, D.W. (2007) ‘Exhaustion in university students and the effect of coursework involvement’, J Am Coll Health, 55(4), pp. 239–45. doi:10.3200/JACH.55.4.239-245.
Maslach, C., Schaufeli, W.B. and Leiter, M.P. (2001) ‘Job burnout’, Annual Review of Psychology, 52(May 2014), pp. 397–422. doi:10.1146/annurev.psych.52.1.397.
Mukti, B. and Tentama, F. (2019) ‘Faktor-faktor yang mempengaruhi efikasi diri akademik’, pp. 341–347.
Naderi, Z. et al. (2018) ‘Prediction of academic burnout and academic performance based on the need for cognition and general self-efficacy: A cross-sectional analytical study’, (July 2019).
Nursalam (2013) Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis.
Nurumal, M.S., Diyono, N.Q.H. and Hasan, M.K.C. (2020) ‘Self-Efficacy Levels Regarding Interprofessional Learning Skills Among Undergraduate Healthcare Students in Malaysia’, 20(November), pp. 374–379. doi:10.18295/squmj.2020.20.04.015.
Orpina, S. and Prahara, S.A. (2019) ‘Self-efficacy dan Burnout Akademik pada Mahasiswa yang Bekerja’, 3(2), pp. 119–130. doi:10.30653/001.201932.93.
Rohmani, N. and Andriani, R. (2021) ‘Correlation between academic self-efficacy and burnout originating from distance learning among nursing students in Indonesia during the COVID-19 pandemic’, Journal of Educational Evaluation for Health Professions, 18, pp. 1–6. doi:10.3352/JEEHP.2021.18.9.
Rozsy, M. (2018) Hubungan Antara Dukungan Emosional Teman Sebaya Dengan Burnout Pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember.
Schaufeli, W. B et al. (2002) ‘Burnout and Engagement in University Students: A Cross-National Study’, Journal of Cross-Cultural Psychology, 33(5), pp. 464–481. doi:https://doi.org/10.1177%2F0022022102033005003.
Sugiyono (2013) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Ugwu, F.O., Onyishi, I.E. and Tyoyima, W.A. (2018) ‘ExploringThe Relationship Between Academic Burnout, Self- Efficacy And Academic Engagement Among Nigerian College’, (December 2013).
Wasito, A.Y.U.A. and Yoenanto, N.H. (2021) ‘Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental Pengaruh Academic Self-efficacy terhadap Academic Burnout Pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi’, 1(1), pp. 112–119. doi:https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.24380.
Wijaya, B.D. (2019) Pengaruh efikasi diri akademik, resiliensi, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi akademik mahasantri UIN Walisongo Semarang.
Zajacova, A., Lynch, S.M. and Espenshade, T.J. (2005) ‘Self-efficacy, stress, and academic success in college’, Research in Higher Education, 46(6), pp. 677–706. doi:10.1007/s11162-004-4139-z.
Published
2022-12-31
How to Cite
PUTRA, Andika Parnomo; SUSANTI, Indri Heri; SUMARNI, Tri. HUBUNGAN ACADEMIC SELF EFFICACY DENGAN KEJADIAN ACADEMIC BURNOUT PADA MAHASISWA FARMASI. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 10, n. 6, p. 598-606, dec. 2022. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/91449>. Date accessed: 19 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2022.v10.i06.p03.