HUBUNGAN PELAYANAN TENAGA KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DALAM KEGIATAN VAKSINASI DI PUSKESMAS PAYUNG SEKAKI

  • Yecy Anggreny Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Fakultas Kesehatan Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Siska Mayang Sari Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Fakultas Kesehatan Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Sekani Niriyah Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Fakultas Kesehatan Universitas Hang Tuah Pekanbaru

Abstract

Kegiatan vaksinasi dalam kegiatan pelayanan merupakan salah satu terobosan pemerintah dalam menekan penularan COVID-19. Salah satu permasalahan yang muncul selama kegiatan vaksinasi adalah kepuasan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pelayanan tenaga kesehatan dengan tingkat kepuasan masyarakat dalam kegiatan vaksinasi di Puskesmas Payung Sekaki. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif analitik, dengan desain korelasi dan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di Puskesmas Payung Sekaki. Populasi dalam penelitian adalah masyarakat yang mendapat vaksin di Wilayah Kerja Puskesmas Payung Sekaki berjumlah 10.279 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel yang dibutuhkan adalah 271 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner pelayanan kesehatan dan kuesioner kepuasan yang telah dilakukan uji validitas sebelumnya. Analisis data menggunakan uji univariat dan bivariat. Hasil analisis bivariat menggunakan continuity correction didapatkan adanya hubungan pelayanan tenaga kesehatan dengan tingkat kepuasan masyarakat dalam kegiatan vaksinasi (p-value = 0,000) dengan dimensi keadilan merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Pelayanan kesehatan yang berkualitas yang diberikan oleh tenaga kesehatan dapat meningkatkan kepuasan masyarakat dalam kegiatan vaksinasi COVID-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina. (2019). Persepsi Sakit, Pengetahuan dan Kepuasan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan. Higeia Journal of Public Health Research and Development, 2(3), 274–285. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/hig eia%0APersepsi
Akbar, I. (2021). Vaksinasi Covid-19 dan Kebijakan Negara: Perspektif Ekonomi Politik. Jurnal Academia Praja, 4(1), 244–254.
Alwi, S. A. R., Rafidah, E., Zurraini, A., Juslina, O., Brohi, I. B., & Lukas, S. (2021). A survey on COVID-19 vaccine acceptance and concern among Malaysians. BMC Public Health, 21(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s12889-021-11071-6
Astuti, N. P., Nugroho, E. G. Z., Lattu, J. C., Potempu, I. R., & Swandana, D. A. (2021). Persepsi Masyarakat terhadap Penerimaan Vaksinasi Covid-19: Literature Review. Jurnal Keperawatan, 13(3), 569–580. https://doi.org/10.32583/keperawatan.v13i3.1363
Budiarta, P. R. G., Mandagi, C. K. F., & Tucunan, A. A. T. (2016). Hubungan Perilaku Tenaga Kesehatan Dengan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Mopuya Kecamatan Dumoga Utara Kabupaten Bolaang Mongondow. Pharmacon, 5(1), 303–308.
Bustami. (2015). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga.
Dhaneswari, & Zaman, C. (2021). Analisis Perencanaan Vaksinasi COVID-19 di RSUD Dr. H. Ibnu Sutowo Baturaja Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Saelmakers PERDANA, 5(1), 123–136. https://doi.org/10.32524/jksp.v5i1.397
El-Elimat, T., AbuAlSamen, M. M., Almomani, B. A., Al-Sawalha, N. A., & Alali, F. Q. (2021). Acceptance and attitudes toward COVID-19 vaccines: A cross-sectional study from Jordan. PLoS ONE, 16(4 April), 1–15. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0250555
Fadhilah, M. U., Fauziyah, U., Cahyani, A. A., & Arif, L. (2021). Evaluasi Pelayanan Vaksin Covid – 19 (Studi Kasus Puskesmas Mojo Kota Surabaya). Journal Publicuho, 4(2), 536–552. https://doi.org/10.35817/jpu.v4i2.18095
Fitriani, Purnami, C. T., & Prasetijo, A. B. (2022). Analisis Kepuasan Pengunaan Sistem Pcare Vaksinasi Covid-19 pada Petugas Kesehatan di Puskesmas. The Indonesian Journal of Health Promotion, 5(2), 421–427. Retrieved from https://www.openaccess.cam.ac.uk/publishing-open-access/open-access-agreements
Hall, V., Foulkes, S., Insalata, F., Kirwan, P., Saei, A., Atti, A., … Hopkins, S. (2022). Protection against SARS-CoV-2 after Covid-19 Vaccination and Previous Infection. New England Journal of Medicine, 386(13), 1207–1220. https://doi.org/10.1056/nejmoa2118691
Handoko, B., Fazira, R., & Bros, U. A. (2022). Analisis kualitas pelayanan vaksinasi di Kantor Desa Lubuk Dalam Kabupaten Siak. Journal of STIKes Awal Bros Pekanbaru, 3(1), 18–24.
Hardiansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.
Hardono. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pasien Rawat Inap Dalam Menggunakan Jasa. Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 12(1).
Hikmat, R. & Fazriah, M. (2014). Hubungan Antara Kepuasan Pasien Dengan Minat Kunjungan Ulang. J Kesehat. 2020;6(1):645–53.
Ichsan, D. S., Hafid, F., Ramadhan, K., & Taqwin, T. (2021). Determinan Kesediaan Masyarakat menerima Vaksinasi Covid-19 di Sulawesi Tengah. Poltekita : Jurnal Ilmu Kesehatan, 15(1), 1–11. https://doi.org/10.33860/jik.v15i1.430
Inayati, A. R., & Widiyarta, A. (2018). Penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kesehatan Ibu Hamil Di Puskesmas Jatirogo Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban. Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 8(1). https://doi.org/10.33005/jdg.v8i1.1215
Istiqna, N. (2016). Harapan dan Kenyataan Pasien JKN Terhadap Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit UNHAS. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 11(4), 263–269. Retrieved from http://journal.unhas.ac.id/index.php/mkmi/ article/view/545/370
Joshi, A., Kaur, M., Kaur, R., Grover, A., Nash, D., & El-Mohandes, A. (2021). Predictors of COVID-19 Vaccine Acceptance, Intention, and Hesitancy: A Scoping Review. Frontiers in Public Health, 9(August). https://doi.org/10.3389/fpubh.2021.698111
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Dosis Vaksinasi Dosis 1 di Riau. Jakarta.
Kunno, J., Supawattanabodee, B., Sumanasrethakul, C., & Kaewchandee, C. (2022). The Relationship between Attitudes and Satisfaction Concerning the COVID-19 Vaccine and Vaccine Boosters in Urban Bangkok , Thailand : A Cross-Sectional Study. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(5068), 1–11.
Lemeshow, S., Jr, D. W. H., Klar, J., & Lwanga, S. K. (1997). Adequacy of Sample Size in Health Studies. New York: John Wiley & Sons WHO.
Lin, C., Tu, P., & Beitsch, L. M. (2021). Confidence and receptivity for covid‐19 vaccines: A rapid systematic review. Vaccines, 9(1), 1–32. https://doi.org/10.3390/vaccines9010016
Mario, B., & Suryatma, A. (2021). Karakteristik Masyarakat dan Hubungannya dengan Kepuasan Pelayanan Vaksinasi di 11 Propinsi di Indonesia. Jurnal Health Sains, 2(3), 294–300.
Nareza, M. (2021). “Inilah Pilihan Masker untuk Virus Corona”. alodokter.com. 2020. [Online]. Available: https://www.alodokter.com/inilah-pilihan-maskeruntuk-virus-corona
Pisu, H., Rompas, S., & Malara, R. (2016). Hubungan Respons Time Perawat dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUP Prof. Dr. R. Kandou Manado. E-Jurnal Keperawatan (e-Kp), 3(2).
Ramadhan, H. N., Ardhianto, A. B., Yuliastuti, E., Tujo, T., Husni, A., & Retnaningsih, R. (2021). Family Satisfaction of Covid-19 Patients with the Information Delivery Process and Hospital Services. Media Keperawatan Indonesia, 4(3), 175. https://doi.org/10.26714/mki.4.3.2021.175-181
Rosiana, A. ., Faridah, N., & Asro, S. P. (2021). Pengaruh Perceived Value dan Citra Rumah Sakit Terhadap Niat Kunjungan Ulang. Higeia Journal of Public Health Research and Development, 5(1269), 376–389.
Salamah, U. & Purwanti, E. (2020). Gambaran Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Terhadap Pelayanan di IGD RS PKU Muhammadiyah Gombong. Proceeding of The URECOL.
Savulescu, J. (2021). Good reasons to vaccinate: Mandatory or payment for risk? Journal of Medical Ethics, 47(2), 78–85. https://doi.org/10.1136/medethics-2020-106821
Susilawati. (2019). Implementasi imunisasi untuk mencapai Universal Child Immunization (UCI) di Puskesmas Raya Kecamatan Siantar Barat Kota Pematang Siantar. Jurnal Kesehatan Global, 2(1), 8–19.
Triastity, R., & Triyaningsih, S. L. (2013). Pengaruh Tangible, Reliability, Responsivenes, Assurance dan Emphaty terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Konsumen Rumah di CV Satria Graha Gedongan, Colomadu, Karanganyar). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2).
Tsuwaibah, Rahim, I., & Hengky, H. K. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pelayanan Kesehatan Pada Praktik Vaksinasi Meningitis Untukjamaah Umrah Di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Kota Makassar Wilayah Kerja Parepare. Journal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 1(1), 53–60.
Ukey, U. U., Chaudhary, S. M., Sharma, S. K., Narlawar, U. W., Singh, R., & Dabir, A. J. (2022). Awareness and Satisfaction About COVAXIN Vaccination Services at an Immunization Clinic in Nagpur: A Cross-Sectional Study. Cureus, 2019(March 2021), 1–10. https://doi.org/10.7759/cureus.20983
Wong, M. C. S., Wong, E. L. Y., Huang, J., Cheung, A. W. L., Law, K., Chong, M. K. C., … Chan, P. K. S. (2021). Acceptance of the COVID-19 vaccine based on the health belief model: A population-based survey in Hong Kong. Elsevier, 12(45), 1148–1156. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.vaccine.2020.12.083
Yu, Y., Lau, J. T. F., Lau, M. M. C., Wong, M. C. S., & Chan, P. K. S. (2021). Understanding the Prevalence and Associated Factors of Behavioral Intention of COVID-19 Vaccination Under Specific Scenarios Combining Effectiveness, Safety, and Cost in the Hong Kong Chinese General Population. International Journal of Health Policy and Management, (x), 1–12. https://doi.org/10.34172/ijhpm.2021.02
Yuantari, C., Setyaningsih, S. W., & Rachmawati, N. P. (2018). Kualitas Pelayanan Pemberian Vaksinasi COVID-19 Dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas. Higeia Journal of Public Health Research and Development, 2(2), 227–238. https://doi.org/https://doi.org/10.15294 /higeia.v6i1.51013
Zheng, C., Shao, W., Chen, X., Zhang, B., Wang, G., & Zhang, W. (2022). Real-world effectiveness of COVID-19 vaccines: a literature review and meta-analysis. International Journal of Infectious Diseases, 114, 252–260. https://doi.org/10.1016/j.ijid.2021.11.009
Published
2022-12-31
How to Cite
ANGGRENY, Yecy; MAYANG SARI, Siska; NIRIYAH, Sekani. HUBUNGAN PELAYANAN TENAGA KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT DALAM KEGIATAN VAKSINASI DI PUSKESMAS PAYUNG SEKAKI. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 10, n. 6, p. 614-623, dec. 2022. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/91428>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2022.v10.i06.p05.