FAKTOR - FAKTOR PENYEBAB STRES AKADEMIK MAHASISWA KEPERAWATAN TAHUN PERTAMA SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) merupakan salah satu solusi untuk menjalankan kegiatan belajar-mengajar di tengah pandemi dan mengakibatkan mahasiswa tahun pertama mengalami stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab stres pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Keperawatan Universitas Riau selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. Desain penelitian deskriptif korelasi menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah 134 orang responden yang diambil berdasarkan kriteria inklusi menggunakan teknik total sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat untuk melihat distribusi frekuensi dan bivariat menggunakan uji chi-square. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner stres Depression Anxiety Stress Scale (DASS) dan Perceived Stress Scale (PSS) melalui google form terdiri dari 28 pernyataan yang telah diuji validitas dengan r hitung 0,599-0,802 > r tabel (0,444) dan r hitung 0,548-0,740 > r tabel (0,444). Hasil penelitian ini diketahui bahwa mayoritas mahasiswa mengalami stres sedang (52,2%). Hasil penelitian ini menunjukkan faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat stres pada mahasiswa adalah tugas dan beban pembelajaran (p = 0,002), teman seangkatan (p = 0,003) dan lingkungan belajar (p = 0,004). Faktor yang tidak berhubungan dengan tingkat stres mahasiswa adalah pengetahuan (p = 0,060), dukungan orang tua (p = 0,785) dan dukungan dosen (p = 0,142). Tingkat stres akademik mahasiswa baru Fakultas Keperawatan Universitas Riau berada pada kategori sedang.
Downloads
References
Aslan, I., Ochnik, D., & Çınar, O. (2020). Exploring perceived stress among students in Turkey during the covid-19 pandemic. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(23), 1–17. https://doi.org/10.3390/ijerph17238961
Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143. https://doi.org/10.29210/119800
Chen, L., & Yuan, X. (2020). China ’ s ongoing battle against the coronavirus : Why did the lockdown strategy work well ? Socio-Ecological Practice Research, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s42532-020-00048-1
Daring, P. P., Akademik, S., Selama, M., & Andiarna, F. (2020). Effects of Online Learning on Student Academic Stress During the Covid-19 Pandemic. 139–150. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86415
Dong, L., Hu, S., & Gao, J. (2020). Discovering drugs to treat coronavirus disease 2019. 14(1), 58–60. https://doi.org/10.5582/ddt.2020.01012
Elita, V., Herlina., Zukhra, R.M. (2020). Stress and coping of Indonesian nursing student during the pandemic coronavirus disease 19. Laporan penelitian, tidak dipublikasikan
Faqih, M.F. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Stres Akademik Mahasiswa Malang yang Bekerja. Skripsi.
Kes, M., Evita, N., Putri, M., & Kep, M. (2020). Learning From Home dalam Perspektif Persepsi Mahasiswa Era Pandemi Covid-19. 17–24.
Livana, Mubin, & Basthomi, Y. (2020). Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208.
Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. 10(1), 31–39. https://doi.org/10.30872/psikostudia
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ramadhanti, I. F., Hidayati, N. O., & Rafiyah, I. (2019). Gambaran Stressor dan Strategi Koping pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 5(2). https://doi.org/10.17509/jpki.v5i2.16635
Rofiah, R., & Syaifudin, A. (2014). Keperawatan di institusi pendidikan swasta. Jurnal Manajemen Keperawatan, 2, 69-75.
Salsabila, I. (2015). Pengalaman stres praktik klinik dan tingkat stres pada mahasiswa keperawatan tahun pertama dan tahun kedua praktik klinik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Sani, D. N., Fandizal, M., & Astuti, Y. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Meningkat Dengan Dukungan Sosial Orang Tua. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia, 4(2), 110. https://doi.org/10.52020/jkwgi.v4i2.1903
Sarafino. (2012). Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa Reguler Angkatan 2010 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. UI, 5, 45–62.
Suerni T. (2012). Analisa Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Perawat IIC di RSU di Jawa Tengah. Fakultas Ilmu Keperawatan Program Studi Magister Keperawatan Peminatan Magister Keperawatan Peminatan Keperawatan Jiwa, Depok, Indonesia.
Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E. J., Chen, L. K., Widhani, A., Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C. O. M., & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415
Suwartika, I., Nurdin, A., & Ruhmadi, E. (2014). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stress Akademik Mahasiswa Reguler Program Studi D Iii Keperawatan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. The Soedirman Journal of Nursing), 9(3), 173–189. http://jks.fikes.unsoed.ac.id/index.php/jks/article/viewFile/612/337
Tabroni, I., Nauli, F. A., & Arneliwati. (2021). Gambaran Tingkat Stres dan Stresor pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Negeri. Jurnal Keperawatan Kendal, 13(1), 149–164. Diperoleh 02 Maret 2021. http://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/Keperawatan
Vitale, E., Moretti, B., Notarnicola, A., & Covelli, I. (2020). How the Italian nursing student deal the pandemic COVID-19 condition. Acta Biomedica, 91(12-S), 1–10. https://doi.org/10.23750/abm.v91i12-S.9860
Wahyudi, R., Bebasari, E., & Nazriati, E. (2015). Gambaran Tingkat Stres pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Jik, 9(2), 107–113. http://jik.fk.unri.ac.id/index.php/jik/article/view/73/70
Wallace, S., Schuler, M. S., Kaulback, M., Hunt, K., & Baker, M. (2021). Nursing student experiences of remote learning during the COVID-19 pandemic. Nursing Forum, December 2020, 1–7. https://doi.org/10.1111/nuf.12568
Xu, H., Zhong, L., Deng, J., Peng, J., Dan, H., Zeng, X., Li, T., & Chen, Q. (2020). High expression of ACE2 receptor of 2019-nCoV on the epithelial cells of oral mucosa. International Journal of Oral Science, 12(1), 1–5. https://doi.org/10.1038/s41368-020-0074-x
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.