HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH

  • Shinta Dewi Kasih Bratha STIKes Tengku Maharatu
  • Imron Rosyadi Universitas Hangtuah Pekanbaru

Abstract

Salah satu tahapan tumbuh kembang yang dilalui anak adalah tahapan usia prasekolah (usia 4-5 tahun). Tercapainya pertumbuhan dan perkembangan yang optimal pada anak tergantung pada potensi biologisnya. Agar seorang anak berkembang secara optimal, stimulasi yang konstan dan penuh kasih dari ibu harus diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan pengetahuan ibu tentang stimulasi perkembangan anak terhadap perkembangan anak usia prasekolah. Desain penelitian ini adalah cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 44 orang ibu yang memiliki anak usia prasekolah. Hasil analisis bivariat didapatkan p value 0,002. Hal ini berarti terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan ibu dengan perkembangan anak usia prasekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bratha, S. D. K., Neherta, M., & Putri, D. E. (2018). The Mother’s Knowledge about the Development of Motoric Skills in Children Ages 3-4 Years. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 3(9).
Cameron, X. J. L., Eagleson, K. L., Fox, N. A., Hensch, T. K., & Levitt, X. (2017). Social Origins of Developmental Risk for Mental and Physical Illness, 37(45), 10783–10791. https://doi.org/10.1523/JNEUROSCI.1822-17.2017
Charach, A., Mclennan, J. D., Bélanger, S. A., & Nixon, M. K. (2017). A Joint Statement From the Canadian Academy of Child and Screening for Disruptive Behaviour Problems in Preschool Children in Primary Health Care Settings.
Dinas Kesehatan. (2015). Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita. Jakarta.
Departemen Kesehatan RI. (2015). Prinsip Pengelolaan Program KIA. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.
Fauziana, S.E. (2013). Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi Dini Dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia 13 Tahun di Kelurahan Sangkrah. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Feil, E. G., Frey, A., Walker, H. M., Small, J. W., Seeley, J. R., Golly, A., & Forness, S. R. (2017). Preschool First Step to Success, 36(3), 151–170. https://doi.org/10.1177/1053815114566090.
Fitriyani A, Sodikin, Yuliarti. (2017). Karakteristik Pengetahuan dan Sikap Ibu Terhaap Pemberian Stimulasi Pada Anak Usia Toddler Di Posyandu Desa Sokaraja Kulon Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas Jawa Tengah [online]. http://digilib.ump.ac.id/files/disk1/16/jhpt ump-a-anifitriya-755-1-artikel-r/pdf. [diakses Oktober 2020].
Hurlock, E. B., Istiwidayanti, Sijabat, R. M., & Soedjarwo. (2010). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Kemenkes RI. (2015). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi, dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Korfmacher, J. (2014). Infant, Toddler, and Early Childhood Mental Health Competencies: A Comparison of Systems Introduction.
Koutra, K., Roumeliotaki, T., Kampouri, M., Sarri, K., Bitsios, P., & Kogevinas, M. (2017). Author’s Accepted Manuscript. Journal of Affective Disorders. https://doi.org/10.1016/j.jad.2017.04.002
Milestones, D. (2016). Pre-School (3-6 years old) Suggested Well-Being and Permanency Questions for Birth Parents :, 1–8.Nugraheni DA. 2013. Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi Perkembangan Bicara Pada Balita Dengan Kemampuan Bicara Pada Balita di Puskesmas Alalak Tengah [online] https://akbidbup.ac.id/jurnal/VOL7NO2_6.pdf. [diakses November 2020].
Notoadmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta: Jakarta
Nursalam, R. S., & Utami, S. (2013). Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak (untuk perawat dan bidan). Jakarta: Salemba Medika
Press, T. H. E. G. (2017). Handbook of Preschool Mental Health.
Shoshani, A., Slone, M., & Prino, L. E. (2017). Positive Education for Young Children : Effects of a Positive Psychology Intervention for Preschool Children on Subjective Well Being and Learning Behaviors, 8(October), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.01866
Soetjiningsih, D. (2016). Tumbuh kembang anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Soleymani, F., Shahnazi, H., & Hassanzadeh, A. (2017). Effects of Educating Mothers about the National Child Development Screening Plan on Detecting Abnormal Child Development, 5(45), 5631–5641. https://doi.org/10.22038/ijp.2017.24779.2094
Wiyani. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Gava Media.
Years, I. (2014). Promoting Early Childhood Mental Health
Published
2022-12-31
How to Cite
BRATHA, Shinta Dewi Kasih; ROSYADI, Imron. HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 10, n. 6, p. 590-597, dec. 2022. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/87296>. Date accessed: 19 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2022.v10.i06.p02.