HUBUNGAN PERSEPSI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP TINGKAT PROKRASTINASI MAHASISWA

  • Zahwa Ayunda Salsabilla Jurusan Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Riau
  • Bayhakki Bayhakki Jurusan Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Riau
  • Rismadefi Woferst Jurusan Ilmu Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Riau

Abstract

Persepsi adalah suatu tahap kerja oleh salah satu panca indera sehingga diperoleh suatu pemahaman. Peningkatan peran dan keaktifan mahasiswa demi suksesnya perkuliahan daring sangatlah dipengaruhi oleh persepsi. Persepsi tersebut nantinya yang membentuk mahasiswa agar dapat melakukan kegiatan perkuliahan daring dengan baik dan semangat, termasuk salah satunya dalam pengaturan diri, mengelola, atau memanajemen waktu. Persepsi mahasiswa tentang pembelajaran daring berkaitan dengan perilaku, salah satunya yaitu melakukan perilaku prokrastinasi akademik (perilaku penundaan). Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara persepsi mahasiswa tentang pembelajaran daring terhadap tingkat prokrastinasi pada mahasiswa Keperawatan Universitas Riau. Desain penelitian ini deskriptif korelasi dan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah 242 responden mahasiswa Fakultas Keperawatan UNRI dengan teknik simple random sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat untuk melihat distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan uji chi-square. Alat ukur berupa kuesioner persepsi pembelajaran daring terdiri dari 12 pernyataan yang telah diuji validitas (r hitung 0,461 - 0,745 > r tabel (0,444)) dan kuesioner prokrastinasi akademik berisi 16 pernyataan yang telah diuji valid (r hitung 0,445 - 0,645 > r tabel (0,444)). Kuesioner disebar melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki persepsi positif tentang pembelajaran daring (51,7%) dan perilaku prokrastinasi akademik yang tinggi (56,2%). Hasil uji chi square menunjukkan ada hubungan antara persepsi pembelajaran daring terhadap tingkat prokrastinasi mahasiswa dengan p value (0,000) < alpha (0,05). Prokrastinasi akademik mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Riau berada pada kategori tinggi. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat hubungan antara persepsi pembelajaran daring terhadap tingkat prokrastinasi pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Riau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditiantoro, M., & Ni Made, S. W. (2019). Pengaruh problematic internet use dan regulasi diri terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana: 205–15.
Alaihimi, W. S. (2014). Perbandingan prokrastinasi akademik berdasarkan keaktifan dalam organisasi kemahasiswaan. Skripsi. Universitas Riau.
Anggraeni, A. W., Angelina, D., & Dwijayanti, M. (2020). Tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran daring di masa karantina COVID-19. UNEJ e-Proceeding, 627-638.
Donsu, J.D.T. (2017). Psikologi keperawatan. Jakarta. Pustaka Baru Press.
Ferrari, J.R. Johnson, J.L., & McCown, W.G. (1995). Procrastination and task avoidance. New York: Plenum Press.
Ghufron, M. N., & Risnawati, R. S. (2014). Teori-teori psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hedyant, H. R., Lestari, R., & Psi, S. (2021). Hubungan Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Kemendikbud. (2020) Permendikbud No.1 tentang pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di perguruan tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaaan. Jakarta: Kemendikbud
Kementerian Kesehatan RI. (2017). Situasi Tenaga Keperawatan Indonesia. Infodatin Pusat Dan Informasi Kementrian Kesehatan RI.
Liliweri. (2011). Makna budaya dalam komunikasi antar budaya. Yogyakarta: Likis.
Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Patrzek, J., Grunschel, C., & Fries, S. (2012). Academic procrastination: The perspective of university counsellors. International Journal for the Advancement of Counselling, 34(3), 185–201.
Rusnawati, N.R. (2012). Relasi gender dalam tugas-tugas keperawatan di rumah sakit puri husada sleman Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Saman, A. (2017). Analisis prokrastinasi akademik mahasiswa (studi pada mahasiswa jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan). Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling 3(2): 55.
Saragih, O., Sebayang, F. A. A., Sinaga, A. B., & Ridlo, M. R. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 7(3), 178-191.
Triana, K. A. (2013). Hubungan antara orientasi masa depan dengan prokrastinasi akademik dalam menyusun skripsi pada mahasiswa fakultas ilmu sosial dan ilmu politik (fisipol) Universitas Mulawarman Samarinda. E-Journal Psikologi, 1(3), 280-291.
Turmudi, I., & Suryadi, S. (2021). Manajemen perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa selama pembelajaran daring. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 10(1), 39-58.
Walgito, B. (2010). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Published
2022-08-28
How to Cite
SALSABILLA, Zahwa Ayunda; BAYHAKKI, Bayhakki; WOFERST, Rismadefi. HUBUNGAN PERSEPSI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP TINGKAT PROKRASTINASI MAHASISWA. Coping: Community of Publishing in Nursing, [S.l.], v. 10, n. 4, p. 463-469, aug. 2022. ISSN 2715-1980. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/86765>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/coping.2022.v10.i04.p15.
Section
Articles